Jalani Tes VO2Max, Hanya 4 Pemain SFC di Atas Rata-Rata

Jalani Tes VO2Max, Hanya 4 Pemain SFC di Atas Rata-Rata
Tim Sriwijaya FC saat gelar sesi latihan. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, PALEMBANG - Tim pelatih Sriwijaya FC sedang semringah. Pasalnya, para pemain mampu menjaga kondisi tubuh meski kompetisi Liga 1 sudah off sejak 12 November lalu.

Kondisi pemain diketahui fit setelah dilakukan tes VO2Max alias tes kekuatan paru-paru menyerap oksigen, kemarin (10/12).

“Rata-rata kondisi pemain bagus. Mereka fit karena rata-rata VO2Max mereka 54. Ada juga yang di atas 60 karena mereka terus bergerak meski waktu yang disediakan habis,” ungkap Asisten Pelatih Sriwijaya FC Francis Wewengkang ketika dihubungi, semalam (10/12).

Coach yang baru saja selesaikan kursus lisensi A AFC ini menerangkan, pemain dengan VO2Max di atas 60 adalah Rahmad Hidayat, Gilang Angga, Nur Iskandar, dan Zulfiandi.

Dengan kemampuan itu, umumnya mereka bisa main dengan spartan selama 90 menit di lapangan.

Asal, tidak boros tenaga. Artinya jika bermain efektif dan tenaga tidak dikuras untuk kejar bola karena sering kehilangan bola, permainan stabil sepanjang laga.

“Sementara pemain yang lain menjadi pekerjaan kami untuk ditingkatkan. Mereka harus mencapai rata-rata VO2Max atlet sepak bola pada umumnya, yaitu VO2Max mencapai 56. Ini yang harus kami siapkan programnya ke depan agar pemain bisa mencapai standar itu,” terang arsitek yang karib disapa Enal ini.

Enal mengaku puas dengan kondisi pemain. Artinya materi endurance yang digenjot sepekan ini menunjukkan hasil yang bagus. Hal ini diimbangi dengan semangat yang muncul dari dalam diri pemain sendiri selama latihan.

Tim pelatih Sriwijaya FC sedang semringah. Pasalnya, para pemain mampu menjaga kondisi tubuh meski kompetisi Liga 1 sudah off sejak 12 November lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News