Jalur Jakarta-Puncak Ditutup Akibat Longsor

Jalur Jakarta-Puncak Ditutup Akibat Longsor
Longsor di puncak. Foto: JPG

jpnn.com, JAKARTA - Hujan deras menyebabkan longsor di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Senin (5/2) pagi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, berdasar data sementara longsor terjadi di empat titik. Yakni, di sekitar Masjid Attaawun, Widuri, Grand Hill, dan Riung Gunung.

"Longsor menutup jalan dan terdapat beberapa tiang listrik roboh serta pohon tumbang," kata Sutopo, Senin (5/2).

Sejauh ini, ujar Sutopo, belum ada laporan resmi korban dari longsor di Puncak. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor masih melakukan verifikasi terkait adanya informasi korban longsor.

Namun, kata dia, untuk sementara jalur jalan dari Jakarta menuju Puncak, Bogor, ditutup total karena jalan tertimbun longsor.

"Mulai pukul 09.15, jalur Puncak ditutup mulai Polingga untuk memudahkan evakuasi dan penanganan longsor di empat titik longsor tersebut," katanya.

Jalur dari Jakarta menuju Puncak dialihkan lewat Sukabumi. Sedangkan dari Cianjur menuju Jakarta dialihkan lewat Jonggol.

Saat ini hujan masih terus turun. BPBD Kabupaten Bogor bersama aparat dari TNI, Polri, Basarnas, SKPD, relawan dan masyarakat melakukan penanganan longsor.

Longsor menutup jalan dan terdapat beberapa tiang listrik roboh serta pohon tumbang. Karena itu jalur Jakarta-Puncak ditutup akibat longsor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News