Jalur Lintas Sumatera Banyak yang Belum Rata

Jalur Lintas Sumatera Banyak yang Belum Rata
Jalur Lintas Sumatera Banyak yang Belum Rata
JAKARTA - Para pemudik harus lihai memilih jalur yang akan dilalui di sepanjang jalan lintas Sumatera. Ini lantaran masih cukup banyak ruas jalan yang rusak parah. Beberapa ruas jalan yang rusak memang sudah diperbaiki, namun sebagian diantaranya belum sepenuhnya mulus. Permukaan ruas jalan belum rata, namun sudah bisa dilewati.

Salah satu ruas jalan yang masuk kategori sudah bisa dilewati alias fungsional, adalah jalan Aek Latong. "Untuk di Sumut, jalan di Aek Latong sudah fungsional, sudah bisa dilewati," ujar Direktur Bina Teknik (Bintek) Bina Marga, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Suhardi, kepada JPNN.

Sementara, untuk jalan baru yang merupakan relokasi dari ruas jalan Aek Latong, diakui belum bisa dimanfaatkan para pemudik tahun ini. Dia memperkirakan, jalan baru Aek Latong ini baru bisa dilintasi pada akhir 2012. "Untuk jalan yang relokasi akhir tahun sudah selesai. Jadi jalan baru belum siap. Tapi jalan lama sudah rata kok," beber Suhardi.

Dia menyebutkan, masalah utama untuk kawasan Sumut memang hanya di Aek Latong. Tapi dia tidak menutup mata bahwa di jalur Sumut untuk lintas barat dan tengah juga masih banyak yang rusak. Dia menyebut lintas timur saat ditanya mana jalur Sumut yang relatif siap dilintasi pemudik. "Sumut untuk yang timur baik," terangnya.

JAKARTA - Para pemudik harus lihai memilih jalur yang akan dilalui di sepanjang jalan lintas Sumatera. Ini lantaran masih cukup banyak ruas jalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News