Ada Longsor di Jalur Puncak - Cianjur

Ada Longsor di Jalur Puncak - Cianjur
Petugas berusaha menyingkirkan material longsor dan pohon tumbang yang menutup sebagian landasan jalan di Jalur Puncak-Cipanas Cianjur, Jawa Barat, tepatnya di Kampung Parabon Desa Ciloto Kecamatan Cipanas, Minggu (7/2). Foto: ANTARA/Ahmad Fikri

jpnn.com, CIANJUR - Longsor menutup jalur utama Cianjur-Bogor, tepatnya di Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Satlantas Polres Cianjur memberlakukan sistem buka tutup satu arah di kawasan Puncak-Cipanas untuk memudahkan petugas menyingkirkan material longsor.

Kasatlantas Polres Cianjur AKP Meylawati saat dihubungi Minggu, mengatakan longsor yang terjadi di jalur utama Puncak-Cipanas, tepatnya di Kampung Parabon Desa Ciloto terjadi saat hujan turun deras dengan intensitas lama dari malam hingga pagi.

"Hujan deras dengan intensitas berjam-jam melanda kawasan Puncak-Cipanas, menyebabkan tebing di pinggir jalan utama Ciloto-Puncak, longsor, sehingga menutup landasan jalan. Akibatnya antrian panjang kendaraan tidak bergerak sempat memanjang dari kedua arah," ujarnya.

Untuk memudahkan petugas gabungan BPBD Cianjur, TNI/Polri dan warga sekitar berusaha menyingkirkan material longsor yang menutup jalan, sehingga menjelang siang arus lalulintas dapat kembali melintas dengan sistem buka tutup satu arah secara bergantian.

Hingga siang menjelang, petugas gabungan dibantu alat berat, masih berupaya menyingkirkan material longsor yang sempat menutup jalan nasional sepanjang 20 meter dengan ketinggian beragam.

"Upaya pembersihan masih dilakukan petugas gabungan, sehingga kami melakukan sistem buka tutup untuk mengantisipasi terjadinya macet total," katanya.

Sektretaris BPBD Cianjur Irfan Sopyan mengatakan pihaknya langsung mengirimkan petugas dan Relawan Tangguh Bencana (Retana) ke lokasi, serta berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dan dinas terkait di Pemkab Cianjur untuk menurunkan alat berat, guna memudahkan proses evakuasi karena akibat longsor membuat pohon besar di atasnya tumbang.

Satlantas Polres Cianjur, Jawa Barat, memberlakukan sistem buka tutup satu arah di kawasan Puncak-Cipanas karena longsor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News