Jalur Udara Taiwan-Tiongkok Dibuka

Jalur Udara Taiwan-Tiongkok Dibuka
Jalur Udara Taiwan-Tiongkok Dibuka
BEIJING – Kebekuan hubungan antara Taiwan dan Tiongkok Daratan kian mencair. Presiden Tiongkok Hu Jintao pun mengakuinya. Hu yang juga menjabat sebagai Sekjen Komite Pusat Partai Komunis Tiongkok (CPC) itu menuturkan bahwa kedua negara sama-sama memiliki kearifan dan kemampuan untuk mendialogkan masalah mereka. Ini diucapkan pria 65 tahun itu saat bertemu dengan pimpinan delegasi Taiwan Chiang Pin-kun.

     Salah satu indikasi kemesraan dua negara tersebut, mulai 4 Juli nanti wisatawan Tiongkok Daratan bisa menuju Taiwan melalui penerbangan langsung. Kesepakatan ini diteken Chiang --ketua Straits Exchange Foundation (SEF)-- dan Chen Yunlin, ketua Association for Relations Across the Taiwan Straits (ARATS), pada Jumat (13/6).

     Hu juga mengakui efektivitas dialog antara ARATS dan SEF.  ’’Selama kedua belah pihak dapat membangun kepercayaan yang saling menguntungkan dengan mengesampingkan perbedaan, sama-sama berupaya menciptakan win-win situation, negosiasi bisa terus kami lakukan. Ini demi perkembangan positif yang lebih banyak.’’

     ’’Banyak negara yang bisa mengatasi segala perbedaan dan kontradiksi demi menjalin kerja sama untuk kesuksesan negara. Dan kita sebagai sama-sama bangsa Tionghoa adalah satu keluarga. Maka, kita pun memiliki banyak alasan untuk melakukan (kerja sama) ini dengan lebih baik,’’ lanjut Hu seperti dilansir China Daily. (dia/ami)

BEIJING – Kebekuan hubungan antara Taiwan dan Tiongkok Daratan kian mencair. Presiden Tiongkok Hu Jintao pun mengakuinya. Hu yang juga menjabat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News