Jamaah asal Negara Ini Dituding sebagai Biang Keladi

Jamaah asal Negara Ini Dituding sebagai Biang Keladi
Banyak jamaah haji dirawat di BPHI di Mina. Foto: Petugas Medis for JPNN

jpnn.com - MAKKAH - Komite Pusat Haji memperkuat pernyataan Menteri Kesehatan Saudi Khaled al-Falih dengan menyatakan bahwa tragedi maut di Mina itu dipicu oleh ulah sekelompok jamaah asal Afrika.

"Desak-desakan itu terjadi karena jamaah asal Afrika tidak tertib," ungkap Pangeran Khaled al-Faisal, ketua komite pusat haji, dalam wawancara dengan stasiun televisi Al-Arabiya.

Dalam proses evakuasi, Saudi mengerahkan sedikitnya 220 ambulans. Juru Bicara Badan Pertahanan Sipil Saudi mengatakan, sekitar 4.000 personel tim rescue terlibat dalam evakuasi di dekat Jembatan Jamarat itu.

Beberapa saat sebelum tragedi itu menghiasi media online, Kementerian Pertahanan Saudi sempat mengunggah cuitan tentang kondisi berdesak-desakan di Mina itu melalui akun Twitter resminya.

"Kami sedang berusaha mengurasi kepadatan di Mina," cuit kementerian tersebut.

Tidak lama kemudian, sekitar pukul 09.00 waktu setempat, terjadilah tragedi mengenaskan tersebut.

Salah seorang jamaah asal Sudan yang luput dari tragedi mengatakan bahwa penyelenggaraan haji kali ini merupakan yang terburuk. Sebelumnya, dia sudah tiga kali naik haji

"Jamaah sudah kelelahan dan dehidrasi sebelum mencapai tujuan," ujarnya. Keterbatasan fisik itulah, menurut dia, yang ikut memicu terjadinya insiden desak-desakan.

MAKKAH - Komite Pusat Haji memperkuat pernyataan Menteri Kesehatan Saudi Khaled al-Falih dengan menyatakan bahwa tragedi maut di Mina itu dipicu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News