Jamaah Haji Meninggal, Keluarga Kecewa, Ini Masalahnya

Jamaah Haji Meninggal, Keluarga Kecewa, Ini Masalahnya
Suasana duka atas meninggalnya Mahmud Bin Kimsan (76), di Kelurahan Bastiong Karance, kemarin (6/10). Foto: Malut POst

jpnn.com - TERNATE - Seorang jamaah haji asal Ternate, Maluku Utara, bernama Mahmud Bin Kimsan (76), dinyatakan wafat dan dikuburkan di Makkah, kemarin (6/10) sekitar pukul 14.00 waktu Arab Saudi atau pukul 20. 00 WIT.  

Mahmud sebenarnya wafat di Rumah Sakit Malik Abdullah, Makkah sejak 25 September lalu dan baru diketahui pihak keluarga  di Ternate malam tadi, saat  almarhum hendak dikuburkan.   

“Kami keluarga, ikhlas melepas kepergian ayah kami. Yang kami sesalkan kenapa baru diinformasikan tadi (kemarin). Padahal ayah kami meninggal sejak  25 September lalu,” ujar Effendi Mahmud saat ditemui Malut Post di rumah duka, RT 001 RW 01 Kelurahan Bastiong Karance, kemarin (6/10).  

Effendi mengaku pertama kali mendapat informasi ayahnya wafat  dari kenalannya bernama Muhajjir yang juga salah satu  petugas medis haji Makassar.  

“Kami kaget karena diberitahukan bahwa ayah kami sebenarnya wafat pada 25 September. Kami baru diberitakan setelah 12 hari wafat dan baru dikuburkan tadi (kemarin),” tutur Effendi yang juga mantan anggota DPRD Kota Ternate.

Effendi mengaku cukup lama kehilangan kontak dengan ayahnya.  “Tiga hari setelah berangkat dari Ternate, kami masih  sempat berkomunikasi dengan ayah kami. Setelah itu tidak ada kontak lagi. Dan kami dapat informasi dari koran  kalau ayah kami masuk rumah sakit. Bukan dari  petugas haji,” katanya dengan nada kesal.   

Karenanya, dia mempertanyakan kinerja petugas haji Malut yang terkesan lalai dari tugas dan tanggung jawab mereka  mendampingi jamaah haji. “Apa kerja petugas pendamping haji asal Malut?. Pihak keluarga dapat informasi juga dari tim medis dari daerah lain. Sungguh kami kecewa,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca. Beberapa keluarga yang mendampingi Effendi juga tak kuasa menahan air matanya.  

“Ayah kami dalam kondisi sakit dibiarkan begitu saja   hingga meninggal pun tidak ada satu pun  petugas yang tahu. Nanti sudah mau pulang ke tanah air, baru dicek di rumah sakit. Ternyata ayah kami sudah meninggal sejak 12 hari lalu,” tutur Effendi.  

TERNATE - Seorang jamaah haji asal Ternate, Maluku Utara, bernama Mahmud Bin Kimsan (76), dinyatakan wafat dan dikuburkan di Makkah, kemarin (6/10)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News