Jamaah Nonkuota Lampaui 3 ribu Orang

WNI Arab Saudi Gelar Salat Gaib

Jamaah Nonkuota Lampaui 3 ribu Orang
Jamaah Nonkuota Lampaui 3 ribu Orang
JEDDAH - Kedatangan jamaah haji Indonesia yang masuk kategori nonkuota ternyata sangat tinggi. Data di bandara King Abdul Aziz Jeddah menyebutkan, jamaah haji yang kerap disebut haji ilegal itu menyentuh angka 3.113 orang. Ekspektasi pemerintah untuk menurunkan haji nonkuota dari data tahun 2009 yang mencapai 3 ribu orang gagal tercapai.

   

Sejak mendarat di Jeddah Jawa Pos melihat cukup banyak jamaah haji nonkuota yang berkumpul bersama. Namun, tidak seluruh jamaah tersebut bisa diidentifikasi karena keterbatasan petugas haji dan sulitnya membedakan jamaah haji Indonesia atau negara asia lain. Selain itu, dalam operasionalnya, penyelenggara jamaah nonkuota juga cukup rapi. Umumnya, setelah keluar dari pemeriksaan di keimigrasian bandara, mereka langsung diterima oleh seseorang untuk secepatnya diangkut ke Mekkah atau Madinah.

"Lazimnya jamaah nonkuota bisa terdata petugas ketika mereka ditemukan dalam kondisi telantar. Jika tidak dilengkapi dengan gelang identitas bisa dipastikan mereka tidak termasuk dalam jamaah reguler atau BPIH khusus." ujar seorang petugas PPIH di Jeddah kemarin (12/11).

Di sisi lain, berita bencana alam yang terjadi di Indonesia secara berturut-turut telah sampai hingga ke Arab Saudi. Sejumlah masjid dan musala tampak menggelar salat  gaib bagi para korban letusan gunung Merapi dan tsunami di Mentawai.

JEDDAH - Kedatangan jamaah haji Indonesia yang masuk kategori nonkuota ternyata sangat tinggi. Data di bandara King Abdul Aziz Jeddah menyebutkan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News