Jamin Tabung Elpiji Aman

Jamin Tabung Elpiji Aman
Jamin Tabung Elpiji Aman
JAKARTA -  PT Pertamina menjamin tabung elpiji khususnya kemasan 3 kg aman yang telah teresgitrasi, aman dipakai masyarakat. Jaminan itu disampaikan Sekretaris Perusahaan Pertamina, Toharso, di Jakarta, Rabu (30/6). Menurutnya, tabung elpiji mempunyai kekuatan menahan tekanan hingga 120 bar. "Sementara, tekanan elpiji maksimum hanya 10 bar. Artinya, tabung mampu menahan tekanan hingga 12 kali elpiji," katanya.

   

Menurut dia, sesuai hasil investigasi Bareskrim Mabes Polri,  penyidik minyak dan gas, dinas tenaga kerja setempat, dan Pertamina sendiri, disimpulkan kebakaran yang disebabkan elpiji bukan ledakan  bukan disebabkan dari tabung.

   

Ledakan terjadi akibat kebocoran gas yang disebabkan kondisi selang, seal karet, kerangan kompor, dan kurangnya ventilasi udara yang selanjutnya tersulut api. Toharso menambahkan, pihaknya tidak menjamin peredaran tabung yang tidak teregistrasi Pertamina. "Kami juga tidak memiliki kewenangan menarik tabung yang tidak teregistrasi. Apalagi, menutup pabrik tabung," katanya.

   

Pertamina hanya bertanggung jawab menyediakan tabung dan isinya dengan cukup di masyarakat. Karenanya Pertamina tidak bisa sendirian menangani dampak program konversi elpiji.

   

JAKARTA -  PT Pertamina menjamin tabung elpiji khususnya kemasan 3 kg aman yang telah teresgitrasi, aman dipakai masyarakat. Jaminan itu disampaikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News