Jamu Calon PM Singapura, Prabowo Buktikan Pengaruhnya di Kancah Global

Jamu Calon PM Singapura, Prabowo Buktikan Pengaruhnya di Kancah Global
Menhan Prabowo Subianto menyambut kedatangan Menteri Keuangan Singapura H.E. Lawrence Wong di kantor Kemenhan RI, Jakarta Pusat, Selasa (17/5). Foto: dok Kemenhan

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat hubungan internasional Dinna Prapto Raharja memandang kunjungan Menteri Keuangan Singapura H.E. Lawrence Wong sebagai cerminan peran strategis Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di kancah global.

Menurutnya, pengaruh positif Prabowo terhadap posisi Indonesia di mata dunia telah melebihi jabatannya sebagai pejabat tertinggi di bidang pertahanan.

“Dalam hal ini Prabowo tidak dilihat melulu karena jabatannya sebagai Menhan, tetapi juga peranannya memengaruhi posisi luar negeri Indonesia dalam situasi kawasan yang didesak untuk berpihak dalam isu Ukraina-Rusia, AS-China, dan dampaknya pada kerjasama pemulihan ekonomi pasca pandemi," ucap Dinna kepada wartawan.

Pendiri lembaga Synergy Policies ini menjelaskan bahwa Lawrence sendiri tak bisa dipandang sebagai menteri keuangan semata.

Bulan lalu, dia terpilih sebagai pemimpin partai berkuasa di Singapura, Partai Aksi Rakyat (PAP). Artinya, dia kini adalah calon perdana menteri Singapura selanjutnya pengganti Lee Hsien Long.

"Ini menunjukkan bahwa Lawrence bukan hanya berkunjung dalam kapasitasnya sebagai Menkeu, tetapi sebagai calon pemimpin Singapura," ujar Dinna.

Dinna pun menjabarkan bahwa dalam perspektif negara Singapura, urusan pertahanan kemanan dan ekonomi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

"Singapura adalah negara yang dengan aktif selalu ingin selangkah di depan negara-negara lain dalam mencari tahu posisi politik luar negeri Indonesia, baik urusan pertahanan keamanan maupun ekonomi. Kedua bidang ini dalam perspektif Singapura tidak bisa dipisahkan," lanjutnya. (dil/jpnn)

Seperti diketahui, Prabowo menerima kunjungan Menkeu Singapura HE Lawrence Wong di kantor Kementerian Pertahanan kemarin, Selasa (17/5)


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News