Jangan Anggap Remeh! Ini 4 Gejala Ringan yang Dialami saat Awal Positif Covid-19

Jangan Anggap Remeh! Ini 4 Gejala Ringan yang Dialami saat Awal Positif Covid-19
Ilustrasi COVID-19. Foto: diambil dari covid19goid

jpnn.com, JAKARTA - GEJALA covid-19 yang dirasakan pasien positif corona bisa bermacam-macam. Mulai dari gejala utama seperti batuk, demam hingga sesak napas. Namun, ada juga yang mengalami gejala Covid-19 ringan.

Gejala covid-19 ringan umumnya membuat pasien sulit mengenali tanda awal terinfeksi. Sebab, hingga saat ini gejala khas Covid-19 masih berdasarkan pada tiga gejala utama seperti batuk, demam, dan sesak napas tersebut

Para peneliti menyebut gejala Covid-19 ringan ini perlu diwaspadai. Kondisi gejala Covid-19 ringan bisa memburuk jika tak segera diatasi. Berikut ini penjelasannya:

1. Sakit perut

Beberapa pasien Covid-19 mengidap sakit perut, sebelum akhirnya mengeluhkan tiga gejala utama Covid-19 lainnya. Seperti yang dimuat dalam American Journal of Gastroenterology, penelitian menyebut ada 48,5 persen pasien Covid-19 mengalami gangguan di perut.

Studi menyebut masalah di perut akibat infeksi Covid-19 bisa menyebabkan diare. Hal ini berdasarkan analisis data 204 pasien Covid-19 di China. Selain diare, pakar dari Inggris, Dr Diana Gall kepada Express UK menyebut, pasien Covid-19 dilaporkan mengalami muntah-muntah.

2. Infeksi mata

Dokter mengingatkan kemungkinan infeksi mata menjadi tanda awal terinfeksi Covid-19. Menurut laporan American Academy of Ophthalmology, ada sekitar 1 hingga 3 persen yang mengalami kondisi ini berkaitan dengan Covid-19.

Gejala covid-19 ringan umumnya membuat pasien sulit mengenali tanda awal terinfeksi virus berbahaya tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News