JPNN.com

Jangan Cemas Melihat Lingkaran Hitam di Bawah Mata Anak, Ini Alasannya

Kamis, 25 Juni 2020 – 23:40 WIB
Jangan Cemas Melihat Lingkaran Hitam di Bawah Mata Anak, Ini Alasannya - JPNN.com
Ilustrasi lingkaran hitam pada anak. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Anda sebenarnya tidak perlu merasa khawatir jika melihat ada lingkaran hitam di bawah mata anak Anda yang menggemaskan.

Timbulnya lingkaran hitam ini mungkin disebabkan karena anak Anda menderita alergi atau secara genetis para ilmuwan menyebutnya sebagai "lingkaran hitam periorbital."

"Lingkaran hitam ini timbul bukan karena kurang tidur atau kesehatan yang buruk," kata Alison Mitzner, seorang dokter anak yang berbasis di New York, seperti dilansir laman MSN, Rabu (24/6).

Mitzner mencatat bahwa genetik dan alergi musiman hampir selalu menjadi penyebab timbulnya lingkaran hitam ini.

Hidung tersumbat akibat alergi membatasi aliran darah, membuat pembuluh darah di bawah mata membesar dan menjadi gelap, yang menghasilkan lingkaran hitam di bawah mata yang lebih jelas, tergantung pada kecerahan kulit anak.

Intinya, lingkaran hitam dan kantung mata yang terbentuk di bawah mata anak-anak muncul karena alasan fisiologis yang sama seperti pada orang dewasa.

Kulit di sekitar mata lebih tipis dan lebih transparan daripada bagian wajah lainnya, sehingga tidak bisa sepenuhnya menutupi jaringan lunak dan pembuluh darah yang mengelilingi mata.

Bagi sebagian orang, bahkan ketika masih balita, hal ini akan menghasilkan lingkaran hitam.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
jlo