Jangan Dianggap Remeh, Ini 3 Cara Mencegah Hipotermia

Jangan Dianggap Remeh, Ini 3 Cara Mencegah Hipotermia
Ilustrasi saat berada dalam cuaca dingin. Foto:cdn.shopify

jpnn.com - Hipotermia merupakan kondisi suhu tubuh yang menurun secara drastis. Kondisi ini jelas sangat berbahaya.

Normalnya, suhu tubuh manusia berada di angka 37 derajat Celsius. Nah, ketika seseorang terkena hipotermia, suhu tubuhnya bisa sangat rendah, yakni di bawah 34 derajat Celsius!

Kondisi hipotermia dianggap sangat berbahaya karena suhu tubuh yang terlalu dingin bisa menyebabkan organ jantung, otak, dan organ penting lainnya tidak bekerja optimal. Tidak menutup kemungkinan bahwa hipotermia bisa menyebabkan kematian karena peredaran darah terganggu.

Bagaimana Mencegah Hipotermia?

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, masyarakat yang tengah berada di wilayah bercuaca ekstrem atau yang terdampak banjir bandang, sebaiknya melakukan langkah-langkah ini untuk mencegah terserang hipotermia:

1. Selalu kenakan jaket atau pakaian berlapis di dalam maupun di luar rumah. Semakin lama Anda berada di luar rumah, berarti makin tebal pakaian yang Anda butuhkan.

2. Hindari berada di dalam air banjir terlalu lama. Bila kondisi mengharuskan Anda berada di dalam air banjir, setidaknya jangan langsung terpapar tubuh. Gunakan mantel anti air dan sepatu boot.

3. Dan, jika memang tidak harus keluar ruangan, usahakanlah berada di dalam rumah saja sambil mengonsumsi minuman atau makanan hangat agar kondisi tubuh tetap terjaga.

Tidak menutup kemungkinan bahwa hipotermia bisa menyebabkan kematian karena peredaran darah terganggu.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News