Jangan Gosok Ini ke Bibir dengan Jari Kamu

Jangan Gosok Ini ke Bibir dengan Jari Kamu
Bibir Sehat. Foto: health

Apakah Anda termasuk yang sering memakai lip balm favorit dengan jari? Apakah Anda pernah mengkhawatirkan tentang bakteri, virus dan semua mikroorganisme yang menjadi penyebab penyakit lain yang bisa hidup di jari Anda? Coba pikirkan itu sebelum Anda memakai lip balm dengan bantuan jari telunjuk.

"Bahkan jika ada antigen dalam balm untuk mencegah pertumbuhan bakteri hal ini tetap saja tidak akan melindungi Anda dari bakteri di jari," kata peneliti penyakit menular dan profesor di Columbia University, Elaine Larson seperti dilansir laman Prevention.

Hal terburuk yang bisa terjadi misalnya setelah jari jemari kita menyentuh gagang pintu, pagar atau telepon.

“Sel jari Anda bisa terkena streptokokus (radang) atau bakteri staphylococcus (Staph)," kata Adam Friedman, dokter kulit di George Washington University.

Menurutnya, bakteri Staph bisa menyebabkan pneumonia. Beberapa spesies staph bisa memunculkan infeksi seperti radang tenggorokan, mata merah, meningitis dan bahkan penyakit pemakan daging. Apa yang mungkin akan terjadi? Cepat atau lambat, terutama jika Anda menyimpan lip balm di tas, Anda mungkin akan terserang stomach bug.

" Lebih baik jika Anda mencuci tangan Anda sebelum menggunakan lip balm," jelas Friedman. (fny/jpnn)


Apakah Anda termasuk yang sering memakai lip balm favorit dengan jari? Apakah Anda pernah mengkhawatirkan tentang bakteri, virus dan semua mikroorganisme


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News