Jangan Langsung Tidur Setelah Makan Sahur!

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan Sahur!
Ilustrasi wanita tidur. Foto: Pixabay

jpnn.com - Waktu sahur merupakan bagian penting dari puasa Ramadan. Sahur adalah ‘senjata’ Anda untuk berpuasa sepanjang hari. Pilihan makanan yang tepat dan bergizi seimbang saat sahur akan membuat waktu puasa tak terasa berat. Di sisi lain, sahur yang ala kadarnya bisa membuat Anda cepat lapar.

Pada awal bulan puasa, tentu saja tubuh akan melakukan penyesuaian dulu akan kebiasaan ‘baru’ ini. Waktu tidur pun akan terganggu karena harus bangun untuk sahur.

Tidak heran banyak orang ingin segera kembali tidur setelah selesai makan sahur. Namun, kebiasaan ini kurang disarankan karena dapat mengganggu kesehatan, terutama pada sistem pencernaan.

Mengganggu Pencernaan

Tubuh mulai mencerna makanan, bahkan saat makanan sedang dikunyah. Begitu makanan ditelan, proses panjang ini akan berlangsung terus.

Selama proses tersebut, tubuh harus menghancurkan makanan yang masuk, menyerap nutrisi yang terkandung dalamnya, lalu membuang sisa-sisa pencernaan. Posisi tubuh tiduran bukanlah posisi optimal bagi saluran pencernaan, yang umumnya bekerja saat Anda posisi tegak.

Bisa jadi tidur malah jadi terganggu akibat pencernaan yang kurang efektif, karena Anda langsung tidur setelah sahur. Jika muncul keluhan seperti kembung atau nyeri perut akibat masalah pada pencernaan, sudah pasti Anda tak bisa tidur nyenyak. Setidaknya, tunggulah dua hingga empat jam setelah makan, sebelum tidur kembali.

Memperburuk Keluhan GERD

Sahur memang momen penting untuk menjalani puasa. Meski mengantuk, pastikan Anda tak melewatkan waktu makan sahur.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News