Jangan Minum Kopi Saat Perut Kosong, ini 5 Dampaknya

Jangan Minum Kopi Saat Perut Kosong, ini 5 Dampaknya
Kopi. ILUSTRASI. Foto: Pixabay.com

jpnn.com - Bagi sebagian orang, kopi ibarat candu karena dapat membuat Anda lebih terjaga dan meningkatkan mood. Tak sedikit juga yang menjadikan kopi sebagai minuman pertama yang dikonsumsi di pagi hari, bahkan dalam keadaan perut kosong. 

Namun Anda sebaiknya berhati-hari, karena ada efek kesehatan yang bisa terjadi jika minum kopi saat perut kosong.

Dampak Minum Kopi saat Perut Kosong

1. Meningkatkan Asam Lambung

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry, disebutkan bahwa efek minum kopi saat perut kosong dapat merangsang peningkatan produksi asam lambung. Akibatnya, bisa timbul keluhan seperti nyeri ulu hati, mual, dan muntah.

Selain itu, minum kopi saat perut kosong dapat memperberat beberapa penyakit saluran cerna, salah satunya irritable bowel syndrome. Keluhan heartburn, nyeri perut, kembung, dan gangguan pencernaan lainnya pun bisa muncul.

2. Meningkatkan Hormon Stres

Salah satu efek yang dapat terjadi jika minum kopi saat perut kosong adalah peningkatan hormon stres yaitu kortisol. Hormon kortisol diproduksi oleh kelenjar adrenal dan berperan untuk metabolisme, mengatur tekanan darah, dan gula darah.

Pada saat Anda baru bangun tidur, terdapat peningkatan hormon kortisol dalam tubuh. Lalu hormon ini akan menurun di siang hari dan meningkat kembali saat akan tidur. Untuk itu, pada orang yang minum kopi di pagi hari saat perut kosong, peningkatan kadar hormon kortisol bisa terjadi.

3. Memicu Kecemasan

Kopi sering kali menjadi teman setia di kala Anda merasa stres akan deadline pekerjaan atau lembur di kantor. Namun, National Institute of Mental Health di Amerika Serikat menyarankan bagi Anda yang sering mengalami gangguan cemas untuk menghindari kopi ataupun minuman berkafein lainnya. 

Anda sebaiknya berhati-hari, karena ada efek kesehatan yang bisa terjadi jika minum kopi saat perut kosong.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News