JPNN.com

Jangan Percaya Calo CPNS

Selasa, 09 November 2010 – 03:52 WIB
Jangan Percaya Calo CPNS - JPNN.com
Jangan Percaya Calo CPNS
JAKARTA -- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Parlindungan Purba menyarankan agar pemda, baik provinsi, kabupaten, dan kota menggandeng universitas negeri terdekat dalam proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. "Misalnya pemda-pemda yang ada di Sumut, tak perlu dengan UI, cukup Universitas Sumatera Utara saja. Ngapain jauh-jauh," cetusnya saat dihubungi JPNN, kemarin (8/11).

Dia juga mengingatkan agar para peserta tidak gampang termakan bujuk rayu calo yang menjanjikan bisa meloloskan dengan membayar hingga ratusan juta rupiah. Alasan Parlindungan, dengan sistem komputerisasi, maka tidak mudah melakukan kecurangan dengan mempermainkan skor nilai peserta. "Saya ingatkan, peserta jangan terpancing calo. Bohong itu," cetusnya.

Kalau pun ada peserta yang membayar calo dan akhirnya lolos, menurut anggota DPD dari Sumut itu, hal tersebut hanya kebetulan saja. Jadi, katanya, para calo hanya berspekulasi saja. Jika ada yang lolos, si calo akan mengklaim dia yang meloloskan. Parlin mengaku sudah meminta KPK agar ikut mengawasi proses seleksi CPNS tahun 2010 ini. "Tahun lalu saya sudah bicara dengan salah satu pimpinan KPK," katanya.

Sebelumnya Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Ramli Naibaho menjelaskan, hingga Jumat (5/11), proses penetapan rincian jabatan sudah pada tahapan teknis administrasi. Misalnya mengenai penomoran berkas, penyiapan amplop, dan tanda terima rincian jabatan dari Kemenpan-RB ke masing-masing kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo