Jangan Resah, Presiden Tegas Menyebut Tak Ada Penghapusan Golongan Listrik 450 VA

Jangan Resah, Presiden Tegas Menyebut Tak Ada Penghapusan Golongan Listrik 450 VA
Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah tidak menghapus golongan pelanggan listrik dengan daya 450 VA. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Banggar DPR RI mengusulkan pergeseran daya listrik bagi kalangan bawah dari 450 volt ampere (VA) menjadi 900 VA.

Namun, Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah tidak menghapus golongan pelanggan listrik 450 VA.

Kepala Negara juga menyebutkan tidak ada perubahan daya dari 450 VA ke 900 VA.

"Tidak ada, tidak ada penghapusan untuk 450 (VA), tidak ada juga perubahan dari 450 VA ke 900 VA, tidak ada, enggak pernah, enggak pernah bicara seperti itu," kata Presiden Jokowi di pintu gerbang Gabus, Cibitung, kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa.

Presiden menyebut subsidi listrik 450 VA tetap ada.

"Tidak ada perubahan dari 450 VA ke 900 VA, tidak ada jangan sampai yang di bawah resah karena soal itu," kata Presiden.

PT PLN (Persero) juga memastikan tidak ada penghapusan golongan pelanggan dengan daya 450 VA dan daya listrik tersebut juga tidak akan dinaikkan menjadi 900 VA serta tidak akan ada perubahan tarif dasar listrik.

Wacana listrik 450 VA dihapus bermula dari usulan Ketua Badan Anggaran DPR Said Abdullah. Ia menjelaskan bahwa permasalahan listrik saat ini bukanlah soal subsidi atau salah sasaran, tetapi kelebihan suplai yang memberatkan keuangan negara yaitu sekitar 41 gigawatt (GW) pada 2030 seiring dengan penerapan energi baru terbarukan (EBT).

Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah tidak menghapus golongan pelanggan listrik dengan daya 450 VA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News