Jangan Sampai Bunuh Diri, Kenali 8 Gejala Depresi Berikut

Jangan Sampai Bunuh Diri, Kenali 8 Gejala Depresi Berikut
Ilustrasi depresi. Foto: AFP

jpnn.com - Kabar bintang asal Korea Selatan, Sulli yang ditemukan meninggal dunia di rumahnya pada hari Senin (14/10) akibat bunuh diri ramai menjadi perbincangan. Secara medis, depresi yang tidak ditangani dengan baik memang dapat memunculkan banyak bahaya, hingga bisa berujung pada percobaan bunuh diri. 

 

Mengenali gejala depresi bisa mencegah potensi percobaan bunuh diri

Seperti yang disebut sebelumnya, pada tahap berat depresi bisa memicu tindakan bunuh diri. Untuk mencegahnya, Anda perlu mengenali gejala depresi, khususnya yang sudah mengarah pada bunuh diri (warning signs). Gejala yang dimaksud meliputi:

1. Menarik diri dari komunitas

Orang-orang dengan depresi tak lagi menginginkan aktivitas bersama keluarga, teman-teman, atau orang lain lain. Biasanya, mereka akan lebih banyak menghabiskan waktu sendiri.

2. Tidak mampu melakukan hobi

"Biasanya, mereka yang depresi tidak lagi mau melakukan hal yang disenangi. Bahkan, mereka akan meninggalkan hobi yang sebelumnya disenangi," ujar dr. Sepriani.

Depresi memang tak boleh disepelekan, karena kerap menjadi penyebab yang mendasari tindakan bunuh diri, seperti yang terjadi pada Sulli.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News