Jangan Sampai Unas Online Jadi Proyek UPS Jilid II

Jangan Sampai Unas Online Jadi Proyek UPS Jilid II
Jangan Sampai Unas Online Jadi Proyek UPS Jilid II

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi XI DPR Teuku Riefky Harsa mengapresiasi upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggagas Ujian Nasional (Unas) online yang mulai diuji cobakan tahun ini. Namun dia mengingatkan jangan sampai unas online ini bernasib seperti proyek UPS (Uninteruptible Power Supplay) yang ramai dipersoalkan di Pemprov DKI Jakarta.

“Jangan sampai jadi proyek UPS jilid II,” kata Riefky di Jakarta (14/4). Menurutnya, Komisi XI DPR mengapresiasi unas online. Kata dia unas online itu merupakan ide yang baik. Namun itu tidak bisa dilaksanakan sekaligus karena berkaitan dengan infrastruktur dan fasilitas internet di semua daerah.

"Ini berkaitan dengan infrastruktur, hardware, software, dan internet yang belum siap di semua daerah. Sehingga diibutuhkan anggaran besar. Jangan sampai dalam pengadaan komputer dan jaringannya ada masalah," kata Teuku Riefky di gedung DPR, Jakarta, Selasa (14/4).

Meski begitu dia mengaku anggaran unas online ke depan belum dibahas secara detail antara Komisi X dengan Kemendikbud. Namun dia memberikan gambaran bahwa dalam pelaksanaannya nanti, dana pusat akan dominan, di-backup dengan APBD. 

Kalaupun dalam satu-dua tahun ke depan unas online akan diberlakukan nasional, maka harus diadakan bertahap dengan mengutamakan daerah-daerah perkotaan. "UN online bisa dilakukan di kota besar dulu, secara bertahap sampai daerah tertinggal, terluar siap secara fasilitas internetnya," jelas politikus Demokrat ini. (fat/jpnn)


JAKARTA - Ketua Komisi XI DPR Teuku Riefky Harsa mengapresiasi upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggagas Ujian Nasional (Unas) online


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News