Jangan Sembarangan Berselfie di Arab Saudi

Jangan Sembarangan Berselfie di Arab Saudi
Calon Jamaah Haji. Ilustrasi Foto: Sutan Siregar/dok.JPNN.com

jpnn.com - MAKKAH – Para calon jamaah haji asal Indonesia diingatkan agar tidak melakukan selfie di sembarang tempat.

Kepala Seksi Perlindungan Jemaah Daker Makkah Wagirun Tupan Towinangun mengatakan, tidak semua tempat di Arab Saudi bebas untuk aktivitas fotografi, terutama di fasilitas strategis pemerintahan seperti kantor polisi dan lainnya.

“Apalagi jika sudah ada keterangan mamnu at-taswir (larangan mengambil gambar),” ujar Wagirun Tupan Towinangun pada apel petugas Daker Makkah, Jumat (19/8) pagi, seperti dipublikasikan Humas Kemenag.

Diingatkan, selain fasilitas strategis, para jamaah juga jangan memfoto askar atau polisi Saudi. 

Dia juga mengimbau jamaah agar ketika menemukan barang yang tercecer, tidak serta merta mengambilnya, melainkan melaporkannya ke pihak askar Saudi.

"Kalau nemukan barang berceceran, jangan dipegang atau diambil. Sebaiknya disampaikan ke askar Saudi (terdekat)," jelasnya.

Dalam rangka menjaga kenyamaan dan keamanan jemaah haji Indonesia, lanjut Wagirun, Daker Makkah sudah menetapkan aturan larangan tamu untuk naik ke kamar jemaah haji. Hal ini juga penting untuk mengantisipasi adanya penyusup yang berniat jahat.

"Untuk mengantisipasi penyusupan, jemaah harus solid. Antara satu dengan yang lain harus saling mengenal sehingga ketika ada orang asing datang kita tahu bahwa itu bukan dari jemaah kita," ujarnya.

MAKKAH – Para calon jamaah haji asal Indonesia diingatkan agar tidak melakukan selfie di sembarang tempat. Kepala Seksi Perlindungan Jemaah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News