Jangan Sembarangan Pilih Pencetak Soal Unas!

Jangan Sembarangan Pilih Pencetak Soal Unas!
Jangan Sembarangan Pilih Pencetak Soal Unas!
JAKARTA--Anggota Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP), Mungin Eddy Wibowo mengingatkan agar pemerintah lebih selektif dalam memilih perusahaan percetakan yang akan mencetak soal ujian nasional (Unas). Menurutnya, perusahaan-perusahaan percetakan yang hendak mengikuti tender pencetakan naskah soal Unas adalah perusahaan yang berkredibel.

"Pemerintah harus selektif dalam menentukan perusahaan percetakannya. Karena, kita harus belajar dari tahun lalu yang masih ada terjadi kesalahan dalam proses mencetak naskah soal Unas," ungkap Mungin di Jakarta, Sabtu (15/1).

Mungin mengingatkan jangan sampai kesalahan tahun lalu terulang kembali. Dimana sejumlah percetakan membocorkan soal dan tertukar antar jenis soal. Diakuinya, BSNP sudah memiliki puluhan nama percetakan yang tidak kredibel tahun lalu meskipun dirinya enggan untuk menyebutkan nama-nama perusahaan tersebut.  "Tidak etis. Percetakannya banyak sekali yang bermasalah. Mereka bocorkan soal, kualitas tidak bagus, soal tercampur. Kita memang mencari yang murah tapi juga berkualitas. Kalau murah tapi kualitas rendah bermasalah nantinya," tandasnya.

Mungin mendesak agar perusahaan yang mencetak soal Unas tahun lalu dan melakukan kesalahan, tidak diperbolehkan untuk mengikuti tender tahun ini meskipun  nantinya pelaksanaan tender percetakan tersebut akan diserahkan ke provinsi. "Pemerintah daerah juga harus lebih jeli nantinya. Karena, jika terjadi kesalahan dan kecurangan, maka tentunya akan merugikan seluruh siswa," jelasnya.

JAKARTA--Anggota Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP), Mungin Eddy Wibowo mengingatkan agar pemerintah lebih selektif dalam memilih perusahaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News