Naskah Soal Unas Dicetak Akhir Maret

Naskah Soal Unas Dicetak Akhir Maret
Naskah Soal Unas Dicetak Akhir Maret
JAKARTA—Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) Mansyur Ramli menjelaskan, proses pencetakan naskah soal ujian nasional (Unas) direncanakan akan dimulai pada akhir bulan Maret 2011 mendatang.

Mansyur menerangkan, percetakan naskah soal yang mendekati unas itu dilakukan dengan tujuan untuk mengindari adanya penyimpangan yang terjadi di lapangan, terutama pada saat proses pendistribusian naskah Unas. “Jika dilakukan bulan depan, jaraknya terlalu lama dengan pelaksanaan Unas yang akan digelar bulan April 2011. Dikhawatirkan, nanti akan ada kecurangan-kecurangan. Jika jaraknya dekat, tentunya akan meminimalisir kecurangan itu,” ungkap Mansyur kepada JPNN di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Jumat (14/1).

Dijelaskan, dalam menghadapi proses pencetakan soal Unas, Kemdiknas akan menggelar tender. Untuk saat ini, lanjut Mansyur, pihaknya masih tengah sibuk menyiapkan spesifikasi tender yang nantinya akan diberikan kepada seluruh pemerintah daerah.

Mansyur memastikan pembukaan tender pencetakan naskah soal Unas tidak akan dilakukan dalam waktu dekat. “Kita masih menunggu DIPA.  Nah setelah itu, pelaksanaan tender ini nantinya akan diserahkan ke seluruh pemerintah daerah. Dalam tender ini, tentunya bukan saja mencetak soal Unas, tetapi juga termasuk lembar jawaban komputer (LJK),” jelasnya.

JAKARTA—Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) Mansyur Ramli menjelaskan, proses

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News