Jangan Sia-siakan Semangat Presiden Jokowi

Jangan Sia-siakan Semangat Presiden Jokowi
Danau Toba. Foto: Metro Siantar/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat pariwisata M.Faried Moertolo mengingatkan jajaran pemda yang ada di sekitar Danau Toba, juga pemda Sumut, agar cepat berbenah.

Dia mengatakan, semangat tinggi Presiden Jokowi untuk menggenjot kunjungan wisata di Danau Toba, jangan sampai disia-siakan.

Semangat tinggi Jokowi itu, lanjutnya, bukan hanya bisa dilihat dari dorongannya agar sejumlah maskapai membuka rute penerbangan langsung Jakarta-Silangit dan pembangunan sejumlah ruas jalan dan tol yang mengakses ke Danau Toba.

Tapi, bisa dilihat sejak awal, dimana Presiden Jokowi mengubah nomenklatur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kretif, menjadi hanya Kementerian Pariwisata. 

“Ini menunjukkan keseriusan Pak Jokowi agar kementerian itu fokus ke pariwisata saja,” ujar Mantan Direktur Pemasaran Dalam Negeri Kementerian Pariwisata itu kepada JPNN..

Di era sebelumnya, bahkan pernah dinamai kementerian Parpostel (pariwisata pos dan telekomunikasi), dan juga pernah menggunakan nomenklatur kementerian kebudayaan dan pariwisata. 

“Jadi sebelum-sebelumnya tidak pernah fokus. Semangat besar Pak Jokowi ini jangan sampai dilewatkan begitu saja. Pemda-pemda yang ada di sekitar Danau Toba harus berbenah, mental birokrasi harus berubah dalam mengelola Danau Toba,” ujar Faried. 

Di era Jokowi juga, lanjutnya, bandara yang ada di daerah-daerah yang punya potensi wisata tapi belum digarap dengan baik, langsung dibangun.

JAKARTA - Pengamat pariwisata M.Faried Moertolo mengingatkan jajaran pemda yang ada di sekitar Danau Toba, juga pemda Sumut, agar cepat berbenah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News