Janji Kejar Pajak Orang Kaya

Janji Kejar Pajak Orang Kaya
Janji Kejar Pajak Orang Kaya
JAKARTA -- Menteri Keuangan Agus Martowardojo berjanji akan mengejar kewajiban pajak dari orang-orang kaya di Indonesia. Terlebih lagi setelah mengetahui laporan dari Credit Suisse Global Wealth Report yang baru saja mempublikasikan bahwa kekayaan orang Indonesia meningkat cukup tajam.

Total kekayaan pribadi orang Indonesia dilaporkan melonjak spektakuler hingga lima kali lipat menjadi USD1,8 triliun dalam satu dekade terakhir. Distribusi orang kaya yang memiliki kekayaan sebesar USD100 ribu tercatat sebanyak 2 persen atau 4,6 juta orang, dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 233 juta jiwa.

‘’Kalau memang ada laporan tentang besarnya masyarakat Indonesia yang punya penghasilan menengah ke atas seperti tadi, ini akan menjadi satu area yang akan kita dalami dan perbaiki. Kita akan melihat potensi ekstensifikasi dan intensifikasi bagi wajib pajak perorangan ini," tegas Agus Marto pada wartawan, Jumat (15/10) di kantor Kementrian Keuangan, Jakarta.

Dalam laporan Credit Suisse Global Wealth Report, komposisi kekayaan orang Indonesia hampir sama dengan negara-negara berkembang lainnya di dunia. Indonesia memiliki 25 persen populasi dengan kekayaan kurang dari USD1.000 atau hampir setara dengan proporsi dunia sebesar 26 persen.

JAKARTA -- Menteri Keuangan Agus Martowardojo berjanji akan mengejar kewajiban pajak dari orang-orang kaya di Indonesia. Terlebih lagi setelah mengetahui

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News