Janji Lukman Sardi untuk Penjurian FFI 2016

Janji Lukman Sardi untuk Penjurian FFI 2016
Ketua Panitia FFI 2016 Lukman Sardi. Foto: Fandi Permana/JPNN

jpnn.com - KETUA Panitia Festival Film Indonesia (FFI) 2016, Lukman Sardi, memastikan proses pemilihan kategori yang dilakukan juri dilakukan secara profesional.

Pernyataan ini sekaligus untuk menjawab beberapa daftar film yang masuk nominasi FFI.

Beberapa diantaranya diketahui belum mulai tayang di bioskop dalam negeri, tapi sudah tayang lebih dulu di festival film luar negeri.

"Banyak yang tanya kenapa film A masuk nominasi padahal belum tayang di bioskop Indonesia. Makanya saya coba luruskan. Pertama, film itu sudah lulus sensor film dengan jangka waktu yang ditentukan panitia FFI pada Oktober 2015-September 2016. Film Headshot misalnya, dia udah tayang di Cannes dan dapat award disana," kata Lukman saat jumpa pers pengukuhan panitia FFI di Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Senin (17/10).

Lukman menambahkan setiap film Indonesia yang sudah tayang di dalam negeri akan masuk seleksi juri.

Karena salah satu syarat film yang bisa masuk FFI adalah pernah tayang di pemutaran publik baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Film yang bisa dimasukan seleksi penjurian untuk masuk nomine adalah pernah ditayangkan secara publik. Ini jadi indikator yang belum diketahui masyarakat, saya berharap media bisa mensosialisasikan ini kepada masyarakat agar mereka paham," tambahnya.

Sebanyak 21 Kategori akan diperebutkan untuk para aktor, aktris, sutradara, editor, film dokumenter, film pendek, penatas busana hingga soundtrack di FFI 2016.

KETUA Panitia Festival Film Indonesia (FFI) 2016, Lukman Sardi, memastikan proses pemilihan kategori yang dilakukan juri dilakukan secara profesional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News