Jantung Ibu Kota Diserang, Pimpinan BIN Harusnya Malu!

Jantung Ibu Kota Diserang, Pimpinan BIN Harusnya Malu!
Kepala BIN Sutiyoso dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian meninjau lokasi ledakan bom di Pos Polisi Sarinah, Jakarta, Kamis (14/1). Sejumlah teroris melakukan penyerangan terhadap beberapa gedung dan pos polisi di kawasan Sarinah yang mengakibatkan sejumlah korban tewas dan luka-luka. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Peneliti Utama The Jokowi Insitute, Amir Hamzah mengatakan ledakan bom dan penyerangan dengan senjata api yang terjadi di kawasan Sarinah, jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, indikasi kegagalan kinerja intelijen negara mengantsisipasnya.

"Leluasanya para teroris pembawa bom dan senjata api beraksi di kawasan Sarinah, yang tidak jauh letaknya dengan Istana Negara yang terkesan tak sedikit pun terpantau keberadaannya mengindikasikan bahwa intelijen negara tidak optimal," kata Amir Hamzah, di Jakarta, Kamis (14/1).

Oleh karena itu lanjutnya, diperlukan evaluasi kinerja intelijen negara sebagai salah satu upaya meningkatkan kewaspadaan nasional dari berbagai ancaman teroris berskala internasional.

"Kelalaian intelijen mendeteksi ancaman ini sudah sangat membahayakan keselamatan masyarakat. Apalagi kejadiannya berlangsung tidak jauh dari Istana Negara," tegasnya.

Untung saja kata dia, aparat kepolisian sudah menetapkan wilayah tersebut harus dijaga ketat sejak puluhan tahun lalu. "Jadi, yang berhasil itu justru Polri. Bukan intelijen," ujarnya.

Harusnya, pimpinan Badan Intelijen Negara (BIN) malu dengan kejadian teror bom yang menewaskan 7 orang itu. Sekecil apapun pergerakan teroris di Indonesia ujar Hamzah, harys bisa tercium oleh BIN karena telah memiliki instrumen yang memadai.

"Presiden jangan lagi mau mempertaruhkan jabatan pimpinan intelijen hanya karena ingin berbagai jabatan dengan Sutiyoso. Jangan hanya karena partai Sutiyoso menjadi salah satu partai pengusung pasangan Jokowi-JK dalam Pilpres, lantas sekarang rakyat menderita," pungkasnya.(fas/jpnn)


JAKARTA - Peneliti Utama The Jokowi Insitute, Amir Hamzah mengatakan ledakan bom dan penyerangan dengan senjata api yang terjadi di kawasan Sarinah,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News