Jaro Ade: Antam dan Masyarakat Nanggung Jalin Simbiosis yang Sehat

Jaro Ade: Antam dan Masyarakat Nanggung Jalin Simbiosis yang Sehat
Jaro Ade mengatakan Antam di Pongkor dan masyarakat Nanggung jalin simbiosis yang sehat. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Masyarakat Nanggung, Kabupaten Bogor, dan PT Antam Pongkor diharapkan bisa hidup berdampingan dalam suasana kondusif dan menumbuhkan hubungan yang saling memberikan manfaat.

Hal itu disampaikan tokoh masyarakat Kabupaten Bogor, Jaro Ade, dalam halal bihalal dan santunan 200 anak yatim di Kecamatan Nanggung.

Acara tersebut turut dihadiri General Manager (GM) PT Antam Muhidin, ulama, dan tokoh masyarakat sekitar.

"Antam harus dijaga oleh masyarakat sesuai haknya, tetapi juga harus bijak menyikapi masalah sosial yang terjadi di lingkungan sekitar tambang," ujar Jaro Ade, dalam keterangannya, Kamis (18/5).

Menurut Jaro Ade, sinergi yang bisa dilakukan dari infrastruktur, seperti jalan, reklamasi pasca-tambang, pengadaan keperluan tambang, pengelolaan tambang tetap memberikan keuntungan,  dan efektivitas proses tambang.

"Dalam hal ini dituntut pula peran dari semua lapisan di berbagai tingkatan," kata calon bupati terkuat berdasarkan survei Charta Politika.

Pemilik nama asli Ade Ruhandi ini menilai langkah anggota DPR RI Adian Napitupulu dalam menciptakan suasana damai dengan tetap peduli terhadap lingkungan sekitar tambang.

"Dia membentuk koperasi, kerja sama semua elemen masyarat LSM, dan kelompok masyarakat lain," tutur Jaro Ade.

Jaro Ade mengatakan Antam di Pongkor dan masyarakat Nanggung jalin simbiosis yang sehat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News