Jatah CPNS 2018 Capai 220 Ribu

Jatah CPNS 2018 Capai 220 Ribu
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: Radar Tarakan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kuota CPNS 2018 bakal menyentuh angka 200 ribu. Pasalnya, jumlah PNS yang pensiun semakin banyak. Sementara dalam tiga tahun ini tidak ada rekrutmen untuk mengganti posisi PNS.

"PNS yang pensiun tahun ini 220 ribu. Jumlah ini terus bertambah, makanya ada penerimaan CPNS untuk seluruh instansi pusat dan daerah," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur di kantornya, Selasa (22/5) malam.

Mengenai berapa kuota CPNS yang akan direkrut tahun ini, Asman mengungkapkan sebanyak jumlah PNS pensiun atau 220 ribu orang. Namun, pemerintah juga menyiapkan opsi lainnya yaitu 70 persen dari jumlah pensiun.

"Ya kira-kira bisa segitu (220 ribu) kuotanya tapi kalau dana negara tidak cukup diambil opsi 70 persen," terangnya.

Dia menyebutkan, formasi CPNS yang akan dibuka lebih banyak sesuai core business instansi pusat dan daerah. Jabatan-jabatan teknis dan spesialis menjadi prioritas untuk mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar, dan terdepan.

Karena itu, rekrutmen CPNS akan diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan.

“Kami memerlukan spesialisasi keahlian, sehingga perencanaan dan usulan ASN baru harus difokuskan pada jabatan-jabatan spesifik sesuai core business instansi, arah pembangunan nasional/daerah, dan sasaran nawacita, sehingga bisa meningkatkan daya saing bangsa di kancah internasional,” tandas Asman. (esy/jpnn)


Formasi CPNS yang akan dibuka lebih banyak sesuai core business instansi pusat dan daerah.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News