Jatim Siap jadi Tuan Rumah HPN 2019

Jatim Siap jadi Tuan Rumah HPN 2019
Gubernur Jatim Pakde Karwo didampingi Ketua PWI Jatim Ahmad Munir di Grahadi. FOTO : JPNN

jpnn.com, SURABAYA - Setelah resmi ditunjuk menjadi tuan rumah event Hari Pers Nasional (HPN) 2019, Pemprov Jawa Timur bergerak cepat. Dalam waktu dekat, koordinasi antar pihak segera dilakukan. Hal itu ditegaskan Gubernur Jawa Timur Soekarwo saat bertemu perwakilan wartawan dan pimpinan media di Gedung Negara Grahadi Sabtu (26/5) lalu.

Sebagai langkah awal, lanjutnya, Pemprov  Jatim akan mengundang jajaran PWI dan media untuk menyamakan persepsi, termasuk materi diskusi. Terkait agenda kegiatan, Pakde Karwo -sapaan akrab Gubernur Jatim itu mengusulkan, antara lain perlunya diskusi mengenai pengaruh digitalisasi, termasuk digitalisasi ekonomi dan media.

“Digitalisasi ekonomi jangan menjebak kita pada digitalisasi trading yang menjadikan kita semata-mata sebagai trader, tetapi lebih dari itu kemampuan kita menjadi industri atau digital industri. Dengan demikian, kita tidak hanya menjadi konsumen bagi yang lain,” katanya.

Lebih lanjut, pria yang menjabat dua periode itu menegaskan, juga perlu dipikirkan apakah digitalisasi ini mematikan media mainstream, atau sebaliknya menjadi bonus  bagi media mainstream. Untuk itu,  perlu dilakukan koordinasi untuk merumuskan upaya mempertahankan media mainstream di dalam proses memberikan informasi yang berkualitas.

Bagi Pakde Karwo, mempertahankan media mainstream merupakan hal sangat penting, karena media jenis ini tetap menjadi rujukan kepastian informasi, termasuk media digital on line. Dengan data kuat dan akurat yang dianalisis dan diolah menjadi informasi, media on line melengkapi media mainstream cetak dan elektronik.

“Saya yakin Jatim bisa menyumbangkan pemikiran terkait digitalisasi ini sebagai bagian dalam perkembangan yang tidak bisa ditahan,” ujarnya.

Sementara itu, kesediaan Jatim menjadi tuan rumah HPN diapresiasi banyak pihak. Salah satunya Ketua PWI Jatim, Ahmad Munir. “Logikanya, Pakde Karwo akan pensiun pada 2019, jadi sudah tidak ada kepentingan. Untuk apa mau susah-susah mengurus teman-teman media? Jadi ini karena kebaikan beliau yang begitu perhatian dengan teman-teman media,” pujinya yang disambut tepuk tangan hadirin.

HPN 2019 sendiri rencananya memang akan digelar pada 9 Februari mendatang. Sementara Pakde Karwo akan pamit secara formal sebagai Gubernur Jawa Timur pada 12 Februari. ”Jadi ini menjadi even pamungkas Pakde Karwo yang akan pamitan kepada wartawan seluruh Indonesia” katanya. (JPNN/pda)


Bagi Pakde Karwo, mempertahankan media mainstream merupakan hal sangat penting, karena media jenis ini tetap menjadi rujukan kepastian informasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News