Jawa Timur Dominasi KUR TKI Purna Mandiri

Jawa Timur Dominasi KUR TKI Purna Mandiri
Ilustrasi Bank Mandiri. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menargetkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) kepada tenaga kerja Indonesia (TKI) sebesar Rp 11 miliar tahun ini.

Program yang berjalan sejak 2016 tersebut telah berhasil menyalurkan KUR sebanyak Rp 28,1 miliar kepada 1.763 debitur hingga Maret 2018.

Jawa Timur mendominasi penyaluran kredit dengan kontribusi sebesar 40 persen. Berikutnya baru Jawa Tengah, lalu diikuti wilayah lain di Indonesia.

Kualitas kredit pun selama ini cukup terjaga dengan non performing loan (NPL) rendah.

Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Rohan Hafas mengatakan, perseroan bekerja sama dengan pelaksana penempatan tenaga kerja Indonesia swasta (PPTKIS) untuk meningkatkan penyaluran KUR kepada TKI.

”Kami juga melakukan koordinasi dengan BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) yang bertanggung jawab terhadap pengawasan TKI di negara penempatan. Itu terkait dengan informasi mengenai TKI yang membutuhkan bantuan pendanaan pemberangkatan ke negara penempatan,” kata dia di Hotel JW Marriott Hongkong, Minggu (13/5).

Kerja sama lain terkait dengan penggunaan database Mandiri Sahabatku untuk mendapatkan informasi TKI purna yang telah membangun usaha dan membutuhkan bantuan modal kerja.

KUR TKI purna merupakan program Bank Mandiri untuk membidik TKI yang telah pulang ke Indonesia.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menargetkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) kepada tenaga kerja Indonesia (TKI) sebesar Rp 11 miliar tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News