Jaya Bineka: Empat Pilar MPR dalam Pertunjukan Wayang Golek

Jaya Bineka: Empat Pilar MPR dalam Pertunjukan Wayang Golek
Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Bogor. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, BOGOR - Pagelaran Seni Budaya (PSB) Wayang Golek dalam rangka Sosialisasi Empat Pilar MPR RI menyambangi masyarakat Tatar Pasundan, tepatnya di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/11) malam.

Seperti wilayah-wilayah lainnya di Jawa Barat, ketika digelar pertunjukan wayang golek, respons masyarakat sekitar sangat luar biasa. Hal tersebut juga terjadi saat pertunjukan yang dipusatkan di lapangan Demokrat Sport Center Cibinong, tidak jauh dari pusat pemerintahan daerah Kabupaten Bogor.

Dengan tatanan panggung yang apik, apalagi tampilnya kolaborasi dua dalang dalam satu panggung yang memang sangat dikenal di wilayah Bogor, Ki Ujang Bukhari dan Ogi Sabda Permana dari padepokan Pusaka Tumaritis serta ditambah hadirnya anggota Fraksi Demokrat MPR Anton Sukartono Suratto dan Kepala Biro Humas Setjen MPR Siti Fauziah, menambah semarak suasana acara.

Turut hadir dalam pergelaran tersebut, beberapa tamu undangan antara lain, perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Bogor Bambang Sumantri dan beberapa tokoh masyarakat serta perangkat desa sekitar.

Dalam sambutannya sebelum pagelaran dimulai, Anton memberikan apresiasinya kepada para tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar yang hadir menyaksikan acara PSB MPR. Hal tersebut merupakan bentuk dukungan masyarakat kepada upaya-upaya MPR dalam memberikan pemahaman tentang nilai luhur bangsa, yang ujungnya adalah persatuan bangsa.

Terkait persatuan bangsa, tambah Anton, bangsa Indonesia mesti mensyukuri nikmat persatuan yang terus terjaga hingga kini. Dengan begitu besarnya keragaman yang ada di Indonesia, seluruh elemen negara mampu menjaganya tetap satu dalam wadah NKRI, di saat banyak negara yang pecah, walaupun keragamannya tidak sebesar dan seluas Indonesia.

"Terima kasih kami sekali lagi untuk masyarakat. Untuk diketahui masyarakat bahwa kegiatan sosialisasi ini dengan berbagai metode termasuk seni budaya wayang golek, sudah berjalan sepuluh tahun. Ini membuktikan bahwa MPR peduli dan akan terus peduli terhadap persatuan dan kesatuan bangsa," ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Siti Fauziah juga menyampaikan bahwa pertama, kegiatan pertunjukan wayang golek tersebut adalah salah satu metode penyampaian Sosialisasi Empat Pilar MPR. Kedua, MPR ingin sekaligus melestarikan budaya-budaya daerah yang sangat kaya. Ketiga, MPR ingin menggali budaya-budaya daerah yang tidak hanya sekedar menjadi tontonan, juga menjadi tuntunan untuk masyarakat.

Cepot pun mengingatkan Dawala agar selalu rendah hati walaupun hebat. Berlaku sombong tidak sesuai dengan nilai dalam Empat Pilar MPR RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News