Jejak BJ Habibie di Telkomsel

Jejak BJ Habibie di Telkomsel
BJ Habibie saat melakukan uji coba teknologi GSM di Batam. Foto: Telkomsel

jpnn.com, JAKARTA - Tak habis-habis membicarakan jasa mendiang Prof. Dr. Ing. B.J Habibie. Di industri teknologi komunikasi Indonesia, Presiden ke-3 RI ini ternyata punya andil besar terhadap cikal bakal berdirinya Telkomsel pada dekade 1990-an.

Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini mengutarakan, bahwa BJ Habibie merupakan salah satu founding fathera Telkomsel.

"Habibie merupakan sosok yang penting bagi Telkomsel. Beliau memiliki hubungan sejarah erat dalam proses beroperasinya teknologi selular Global System for Mobile Communications (GSM) di Indonesia, serta beroperasinya layanan Telkomsel pertama kali di Pulau Batam,” ujar Emma dalam keterangan resmi, Kamis (12/9).

Sepeninggal BJ Habibie, kami dan keluarga besar Telkomsel turut berduka cita yang sedalam-dalamnya dan merasakan kehilangan yang besar atas kepergian almarhum, tegas Emma.

Sejarah hadirnya teknologi GSM di Indonesia hingga berdirinya PT Telekomunikasi Selular tidak dapat dipisahkan dari peran penting BJ Habibie. Pada 14 Juli 1993, sejumlah direksi PT Telkom menghadap beliau yang saat itu menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek).

Di atas sehelai kertas, beliau menuliskan persetujuan dan penerapan GSM sebagai standar teknologi seluler Indonesia. Tulisan ini yang kemudian menjadi referensi dari sebuah langkah besar migrasi teknologi dan pengembangan industri seluler analog ke digital di Indonesia.

"Empat belas bulan kemudian, tepatnya pada 2 September 1994, Bapak Habibie meresmikan pengoperasian Telkomsel GSM di Pulau Batam. Pada saat itu, Telkomsel merupakan nama produk dari PT Telkom. Sebagai Menristek, beliau melakukan percobaan teknologi GSM dengan melakukan hubungan telepon dari GSM Telkomsel perdana, dari Batam ke Jakarta dan London," tuturnya.

Berangkat dari dua momen penting tersebut, Telkomsel GSM kemudian dipersiapkan dan dikembangkan menjadi sebuah operator seluler. Sehingga akhirnya pada 26 Mei 1995, lahirlah PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Tak habis-habis membicarakan jasa mendiang Prof. Dr. Ing. B.J Habibie. Di industri teknologi komunikasi Indonesia, Presiden ke-3 RI ini ternyata punya andil besar terhadap cikal bakal berdirinya Telkomsel pada dekade 1990-an.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News