Komentar Eurico Gutteres tentang Sosok BJ Habibie

Komentar Eurico Gutteres tentang Sosok BJ Habibie
BJ Habibie. Foto: M. Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, KUPANG - Mantan Wakil Panglima Pejuang Pro-Integrasi Timor Timur Eurico Guterres menilai BJ Habibie merupakan orang hebat.

Pemilik nama lengkap Eurico Barros Gomes Guterres itu tetap mengagumi Habibie, meskipun kebijakan Presiden ke-3 RI tersebut menyebabkan Timor Timur lepas dari pangkuan NKRI.

"Secara pribadi saya menilai beliau adalah orang yang hebat, dan saya mendoakan agar beliau tenang di sana," tutur mantan Komandan Milisi Aitarak-Dili semasa perjuangan mempertahankan Timor-Timur itu kepada ANTARA di Kupang, Kamis (12/9).

Secara umum, ia mengakui, masih banyak warga eks Timor Timur yang sampai saat ini masih belum menerima terpisahnya Timor Timur dari Indonesia.

"Mereka menilai pada saat itu Almarhum BJ Habibie membuat keputusan yang keliru. Tetapi sebagian besar juga sudah menerima hal tersebut. Dan itu memang kenyataannya," ujar dia.

Namun kata Eurico tidak baik jika terus-menerus menyalahkan orang yang sudah meninggal. Apalagi, lanjut dia, keputusan yang diambil pada saat itu adalah keputusan yang memang sangat dilematis bagi seorang kepala negara.

Eurico mengatakan bahwa dirinya sudah mengenal lama Presiden ke-3 RI tersebut. Saat perjuangan mempertahankan Timor-Timur ia sering berdiskusi bersama Almarhum BJ Habibie soal Timor Timur.

Ia menilai bahwa jika ada orang lain seperti Habibie, tentu saja tak akan ada yang bisa seperti sosok yang kini dikenal sebagai bapak demokrasi itu.

Menurut Mantan Wakil Panglima Pejuang Pro-Integrasi Timor Timur Eurico Guterres, almarhum BJ Habibie adalah orang hebat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News