Jejak Bung Karno di Akademi Militer Magelang

Jejak Bung Karno di Akademi Militer Magelang
Ketua DPR Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, MAGELANG - Ketua DPR Puan Maharani menghadiri penandatanganan prasasti sekaligus peresmian Patung Bung Karno di Kompleks Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2).

Puan Maharani tiba di Kesatrian Akmil Magelang bersama Presiden Kelima RI Hj. Megawati Soekarnoputri pukul 13.30.

Kedatangan keduanya disambut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Prakasa dan Gubernur Akmil Mayjen Dudung Abdurahman.

Peresmian Patung Bung Karno sekaligus penandatanganan prasasti dilakukan oleh Megawati yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Menurut Puan, peresmian patung Bung Karno menegaskan keberadan Akmil Magelang tidak lepas dari peran Bung Karno sebagai Presiden Pertama RI.

Cucu Bung Karno itu mengatakan, Akmil Magelang diresmikan kakeknya selaku Panglima Tertinggi Angkatan Perang RI pada 11 November 1957.

“Ada tulisan tangan Bung Karno yang menerangkan bahwa Akmil Magelang merupakan kelanjutan dari Akademi Militer Nasional (AMN) yang ada di Yogyakarta,” kata Puan dalam keterangan tertulis yang diterima jpnn.com, Jumat (7/2).

Menurut Puan, tulisan tangan yang diabadikan dalam sebuah prasasti tersebut dipasang di kompleks Akmil Magelang sebagai penanda sejarah dan harus diketahui oleh para generasi muda.

Kata Puan, Akmil Magelang merupakan kelanjutan dari Akademi Militer Nasional (AMN) yang ada di Yogyakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News