Jelang Aksi 2/12, TNI-Polri Siap Ciptakan Rasa Aman dan Lindungi Masyarakat

Jelang Aksi 2/12, TNI-Polri Siap Ciptakan Rasa Aman dan Lindungi Masyarakat
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo bersama Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memberikan keterangan pers usai kegiatan video confrence dengan para Kapolda dan Pangkotama seluruh Indonesia di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (21/11). FOTO: Puspen TNI

jpnn.com - JAKARTA - Menghadapi rencana unjuk rasa pada tanggal 25 November dan 2 Desember 2016, TNI dan Polri siap menciptakan rasa aman dan melindungi seluruh masyarakat Indonesia.

Demikian dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian usai melaksanakan kegiatan video confrence dengan para Kapolda dan Pangkotama seluruh Indonesia di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (21/11).

"Prajurit TNI-Polri siap memberikan rasa aman dan melindungi masyarakat terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi dari efek demonstrasi yang dimanfaatkan atau dapat berubah menjadi anarkis,” tegasnya melalui rilis Puspen TNI.

Panglima TNI mengatakan semua prajurit bertugas untuk melindungi masyarakat dan mengamankan tempat-tempat objek vital strategis. Namun, apabila dalam aksi demontrasi yang berlanjut dengan aksi penjarahan, maka TNI-Polri dan masyarakat untuk tidak ragu-ragu melakukan tindakan pencegahan.

“Apabila demonstrasi menjadi anarkistis dan menjurus kepada tindakan makar, maka itu bukan urusan Kepolisian saja tapi TNI juga wajib bertindak,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Jenderal Gatot mengingatkan aparat Intelijen TNI dan Polri harus selalu berkoodinasi untuk melihat, mencari dan menemukan siapapun yang mengajak berdemo baik sutradara maupun aktornya.

“Identifikasi dan yakinkan betul yang bersangkutan ikut sampai demo selesai, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, mereka yang bertanggung jawab,” ujarnya.

“Saya sudah perintahkan para Pangkotama TNI menyiapkan prajurit-prajuritnya untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi, guna menciptakan rasa aman kepada masyarakat dan tetap melakukan aktifitas,” tegas Panglima lagi.

JAKARTA - Menghadapi rencana unjuk rasa pada tanggal 25 November dan 2 Desember 2016, TNI dan Polri siap menciptakan rasa aman dan melindungi seluruh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News