Jelang El Claciso, Jalan El Real Lebih Terjal

Jelang El Claciso, Jalan El Real Lebih Terjal
Jelang El Claciso, Jalan El Real Lebih Terjal / afp

jpnn.com - MADRID - El Clasico masih lama. Di putaran pertama ini, Real lebih dulu menjadi tuan rumah pada 22 November mendatang. Meski berstatus host, Real lebih tidak dinggulkan. Bukan semata karena rekor beberapa pertemuan terakhir. Perjalanan Cristiano Ronaldo dkk menuju el clasico lebih berat.

Ada sembilan laga yang mesti dilakoni kedua tim sebelum bersua sekitar dua bulan lagi. Los Galacticos mesti menjalani laga derby Madrid melawan Atletico Madrid pada 5 Oktober nanti. Lalu harus menjalani laga home-away lawan Paris Saint-Germain (PSG) di Liga Champions.

Sementara bagi Barcelona, laga menjamu Bayer Leverkusen di Liga Champions tengah pekan nanti (30/9) jadi yang paling menguras keringat. Sisanya? Dua kali melawan BATE Borisov (away 21/10 dan home 5/11) relatif mudah. Begitu pula enam laga La Liga lainnya yang di atas kertas bisa diatasi. Termasuk menjamu Las Palmas, nanti malam.

Jika tak ada kejutan lagi, secara hitung-hitungan poin, Barca bisa merebut kembali puncak klasemen sebelum el clasico. Padahal, ini kali pertama Real menduduki posisi teratas klasemen dalam tujuh bulan. Kali terakhir Real berkuasa adalah November 2014 silam. Setelahnya, posisi itu selalu dikuasai Barca hingga menjadi juara.

Tidak mengherankan kalau Real tidak menyikapi sukses merebut tahta sementara ini secara berlebihan. “Karena balapan tidak ditentukan di tikungan pertama,” ujar pelatih Real Rafael Benitez, sebagaimana dikutip di Marca.

Sejatinya, performa Real saat ini cukup bisa membuat Benitez tersenyum. Mereka sedang sangat produktif dengan tabungan 14 gol. Di sisi pertahanan, Real baru kebobolan satu gol dalam lima jornada. Catatan itu terbaik sejak musim 2010-2011 silam. (ren/jos/jpnn)

 

 

MADRID - El Clasico masih lama. Di putaran pertama ini, Real lebih dulu menjadi tuan rumah pada 22 November mendatang. Meski berstatus host, Real


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News