JPNN.com

Jelang Imlek, Puluhan Siswa dan Siswi SMP Xaverius 2 Palembang Membersihkan Vihara

Kamis, 23 Januari 2020 – 23:01 WIB Jelang Imlek, Puluhan Siswa dan Siswi SMP Xaverius 2 Palembang Membersihkan Vihara - JPNN.com
Tampak beberapa orang siswi SMP Xaverius 2 membersihkan Viara Gunung Sakti yang terletak di Jalan Kemang Manis Ilir Barat 1. Foto: Dok. SMP Xavaerius 2 Palembang

jpnn.com, PALEMBANG - Menjelang Hari Raya Imlek serta meningkatkan rasa solidaritas antarumat beragama, sejumlah siswa dan siswi SMP Xaverius 2 Palembang mengadakan kegiatan bersih-bersih rumah ibadah Vihara yang berada di sekitar Kecamatan Ilir Barat 1, Kamis (23/1).

“Kegiatan ini merupakan program sekolah yang selaras dengan program Yayasan Xaverius Palembang. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memupuk dan menanamkan jiwa nasionalisme, kepedulian, toleransi antar umat beragama dan menjadi sahabat bagi semua orang,” kata Kepala SMP Xaverius 2, Christina Sari UBF dalam keterangan persnya diterima JPNN, Kamis (23/1).

Dia juga menjelaskan kegiatan tersebut juga merupakan salah satu karya sosial sekolah di tengah masyarakat dan menanamkan jiwa nasionalis dan peduli antarumat beragama dalam diri Peserta Didik SMP Xaverius 2 Palembang.

Jelang Imlek, Puluhan Siswa dan Siswi SMP Xaverius 2 Palembang Membersihkan Vihara

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah peserta didik merasa bersemangat dalam membersihkan rumah ibadat. Tampak ada yang mengepel lantai, menyapu halaman, mengelap kaca dan  meja serta mencabut rumput yang terdapat di halaman rumah ibadah. Adapun rumah ibadah yang dikunjungi seperti Masjid Jamm’i, Vihara Cinta Kasih, Vihara Altar Mayterea,  Viahara Cu, Vihara Yaw, Vihara Gunung Sakti, dan Vihara Dewa Dhana.

Selain peserta didik, kegiatan bersih-bersih tersebut juga tampak para guru dan karyawan terlibat aktif mendampingi para peserta didik SMP Xaverius 2 dengan membawa sapu dan peralatan kebersihan lainnya. Kunjungan bakti sosial yang dilakukan sekolah Xaverius ini mendapat respons positif dari umat Budha yang tinggal di sekitar lingkup Vihara.

“Kegiatan ini sangat bagus, juga mengajarkan kepada anak tentang semangat gotong royong dan rasa solidaritas antarumat beragama. Saya mengharapkan kegiatan ini bukan kali ini saja melainkan harus tetap ada di masa mendatang," ungkap salah seorang ibu di halaman Vihara.

Di tempat terpisah, Direktur Badan Pengurus Harian Yayasan Xaverius Palembang, RD Gading Johannes Sianipar mengatakan kegiatan kunjungan dan kerja bakti di Vihara merupakan sebagai ungkapan kerukunan dan persaudaraan antarumat beragama di tengah masyarakat Indonesia, dan masyarakat Sumsel khususnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...