Jelang KTT G20, Presiden Jokowi Berupaya Membuat Terobosan Bagi Perekonomian Dunia

Jelang KTT G20, Presiden Jokowi Berupaya Membuat Terobosan Bagi Perekonomian Dunia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkunjung ke tiga negara besar Asia, yakni China, Jepang, dan Korea Selatan (Korsel) dinilai sebagai langkah tepat memperkuat posisi Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20 2022. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rencana kunjungan Presiden Joko Widodo alias Jokowi ke tiga negara besar Asia, yakni China, Jepang, dan Korea Selatan (Korsel) dinilai sebagai langkah tepat memperkuat posisi Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20 2022.

Pakar Hukum Internasional Universitas Indonesia Profesor Hikmahanto Juwana mengatakan rencana kunjungan tersebut sebagai langkah jitu untuk mendapatkan dukungan dari China, Jepang, dan Korsel terkait rencana Indonesia membuat terobosan buat ekonomi dunia.

Hal tersebut, kata Profesor Hikmahanto akan ditunjukkan oleh Presiden Jokowi di acara puncak KTT G20 nanti.

“Dalam upaya mendapat dukungan atas proposal Indonesia untuk membuat terobasan bagi perekonomian dunia saat KTT G20 nanti,” kata Prof. Hikmahanto, Sabtu (23/7).

Menurut Hikmahanto, Indonesia sebagai negara ekonomi terbesar di Asia Tenggara dipastikan memiliki tanggungjawab untuk terus berkontribusi dalam upaya menjadikan Asia Tenggara dan Indo Pasifik sebagai kawasan damai, stabil, dan makmur.

Bahkan, di saat kondisi dunia yang dipenuhi persaingan yang tidak sehat dan makin lunturnya nilai multilateralisme ini, Indonesia justru akan lebih giat menjalin kerja sama dan menyebarkan semangat solidaritas dan perdamaian.

Hikmahanto menilai rencana kunjungan Presiden Jokowi ke China, Jepang, dan Korsel sangat tepat untuk memperkuat hubungan bilateral dan melanjutkan misi perdamaian buat Rusia-Ukraina ke tiga pemimpin negara besar tersebut.

“Menurut saya kunjungan tersebut sangat tepat karena di samping untuk memperkuat hubungan bilateral, juga berkonsultasi dengan para pemimpin terkait perang di Ukraina,” ujar Hikmahanto.

Profesor Hikmahanto menilai rencana kunjungan Presiden Jokowi ke China, Jepang & Korsel sebagai langkah jitu memperkuat posisi Indonesia sebagai Presidensi G20.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News