Jelang Lebaran, Bisnis Mobil Panen

Jelang Lebaran, Bisnis Mobil Panen
Jelang Lebaran, Bisnis Mobil Panen
JAKARTA - Bisnis mobil rental jelang hari raya Idul Fitri seperti menemui puncaknya. Terdorong kebutuhan terutama tradisi mudik, bisnis penyewaan kendaraan tahun ini mengalami peningkatan permintaan signifikan dan kenaikan harga sedikitnya 30 persen.

   

Presiden Direktur PT Serasi Autoraya, Pongky Pamungkas, mengatakan permintaan mobil rental jelang Lebaran memang sangat tinggi. Meski begitu, perusahaan yang bernaung di bawahnya yaitu Astra Rent a Car (TRAC) membatasi di angka 30 persen. "Kami harus hati-hati juga untuk memenuhi semua permintaan. Karena setelah lebaran ada banyak momen besar seperti seminar nasional dan PON (Pekan Olahraga Nasional). Biasanya kami support di kendaraannya," ujarnya kepada Jawa Pos, kemarin.

Dari total kendaraan yang dimiliki TRAC sebanyak 30 ribu unit, kata Pongky, pihaknya hanya menyediakan sekitar 5 persen saja atau setara 1.500 unit untuk kendaraan rental secara ritel termasuk untuk memenuhi permintaan jelang Lebaran. Mayoritas atau sebanyak 95 persen sudah disewa secara kontrak oleh korporasi (fleet).

Branch Manager TRAC Rental Jakarta, Teriyani, mengatakan dari 1.500 armada rental yang ada untuk ritel, hanya sebanyak 1.200 unit saja yang akan dilepas secara nasional khusus untuk menyambut momen lebaran. Jumlah tersebut mengalami kenaikan 30 persen dibandingkan momen Lebaran tahun lalu. "Kami memang membatasi segitu jumlahnya. Sebanyak 1.000 unit di Jawa dan 1.200 unit secara nasional," ucapnya.

JAKARTA - Bisnis mobil rental jelang hari raya Idul Fitri seperti menemui puncaknya. Terdorong kebutuhan terutama tradisi mudik, bisnis penyewaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News