Jelang Lebaran, Pasokan dan Harga Pangan Stabil

Jelang Lebaran, Pasokan dan Harga Pangan Stabil
Pasokan dan harga pangan masih stabil. Foto: Kementan

jpnn.com, DEPOK - Tiga hari jelang Idulfitri 2021, ketersediaan dan harga 11 komoditas pangan terpantau relatif aman dan terkendali.

Hal ini diungkapkan Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Risfaheri di Jakarta, Minggu (9/5).

“Terkait harga, memang ada dinamika untuk komoditas tertentu, namun masih dalam kondisi yang wajar mengingat momentum lebaran yang akan segera tiba,” ujar Risfaheri.

Terkait meningkatnya permintaan daging sapi menjelang lebaran, Kementan melalui importir/distributor daging sapi beku telah menyediakan stok dalam jumlah yang cukup di Pasar Mitra Tani/TTIC yang ada di Jakarta, Depok dan Bogor.

"Kami gencarkan juga penjualan daging sapi beku ke pusat pemukiman, rusun dan kelurahan, tentu dengan harga jauh lebih murah dibandingkan daging sapi segar," ungkap Risfaheri.

Selain daging sapi, kenaikan harga juga terjadi pada komoditas cabai merah dan cabai rawit, namun masih dalam kondisi yang wajar mengingat permintaan yang meningkat jelang Idulfitri.

Walaupun demikian, pasokan komoditas tersebut dipastikan aman dan normal seperti hari biasanya tidak terkendala kegiatan penyekatan mudik.

Sementara itu, harga beras, bawang merah, bawang putih, gula dan minyak goreng terpantau stabil. Harga Beras bahkan cenderung stabil tidak bergejolak selama 1 bulan ini dikarenakan stoknya yang berlimpah di pasaran.

Tiga hari jelang Lebaran, ketersediaan dan harga pangan terpantau relatif aman dan terkendali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News