Jelang Libur Panjang, Jasa Marga Imbau Menghindari Jalur Puncak

Jelang Libur Panjang, Jasa Marga Imbau Menghindari Jalur Puncak
Papan pemberitahuan pemberlakuan satu arah di Jalur Puncak. Foto: Hendi/Radar Bogor

jpnn.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi adanya peningkatan volume lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jakarta pada periode libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1412 H.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru memprediksi puncak volume lalu lintas (lalin) untuk arus mudik adalah pada hari Rabu 28 Oktober 2020 dan prediksi untuk puncak arus balik terjadi pada hari Minggu tanggal 1 November 2020.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Heru mengimbau pengguna jalan yang akan melakukan perjalanan, agar menghindari perjalanan saat puncak volume lalin untuk keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

“Khusus pada layanan di tempat istirahat, Jasa Marga mengoptimalkan layanan di berbagai fasilitas yang tersedia dengan penerapan physical distancing melalui pembatasan pengunjung dan kapasitas parkir maksimum 50%, sebagai pencegahan penyebaran Covid-19,” ungkap Heru dalam keterangannya, Senin (26/10).

Selain itu, Jasa Marga juga menyiagakan petugas operasional dan pos pengamanan serta bekerja sama dengan Kepolisian untuk melakukan rekayasa lalu lintas buka/tutup tempat istirahat saat terjadi antrean kendaraan.

“Kami mohon komitmen pengguna jalan untuk dapat disiplin protokol kesehatan di manapun berada. Bawa bekal dari rumah dan pastikan BBM terisi penuh sebelum melakukan perjalanan," katanya.

Dia mengimbau jika hendak mampir ke rest area untuk istirahat, diharapkan tetap menggunakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak, memilih untuk take away makanan dibandingkan makan di tempat, membawa peralatan ibadah pribadi dan tidak perlu berlama-lama di rest area.

Heru menambahkan, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, terutama dengan kondisi curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini. Selain itu, pastikan saldo uang elektronik cukup serta patuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

PT Jasa Marga Tbk memprediksi adanya peningkatan volume lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jakarta pada periode libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1412 H

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News