Jelang Mudik Lebaran 2022, Begini Arahan Mendagri Tito Karnavian untuk Pemda

Jelang Mudik Lebaran 2022, Begini Arahan Mendagri Tito Karnavian untuk Pemda
Mendagri Tito Karnavian. Foto: Kemendagri.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan persiapan yang perlu dilakukan pemerintah daerah (pemda) dalam mengamankan mudik Lebaran 2022.

Berkaitan dengan persiapan arus mudik dan arus balik yang telah disiapkan Polri dan Kementerian Perhubungan, Tito mengatakan pemerintah daerah harus mendukung langkah tersebut.

"Untuk itu, saya akan mengeluarkan surat edaran (SE) yang isinya adalah di daerah membuat satgas dalam rangka untuk mengamankan arus mudik dan arus balik," kata Tito di Mabes Polri, Kamis (14/4).

Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Pemadam Kebakaran, dan relawan akan dilibatkan dalam pengamanan mudik.

Pihak-pihak tersebut diusahakan untuk bergabung dalam posko milik Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Mendagri Tito berharap Posko TNI dan Polri juga dapat digabung bersama dengan Pemda yang berlokasi di sejumlah titik, seperti terminal, pelabuhan, bandara, serta titik-titik rawan kemacetan lainnya.

Mantan Kapolri itu meyakini pemda tidak akan terkendala pada pelaksanaan mudik Lebaran 2022 ini karena kegiatan tersebut dinilai sebagai agenda ritual tahunan mayoritas masyarakat di Indonesia. (mcr9/jpnn)


Mendagri Tito Karnavian mengungkapkan persiapan yang perlu dilakukan pemda dalam mengamankan mudik Lebaran 2022.


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News