Jelang Mudik, Pelindo III Siapkan Fasilitas Terminal Penumpang

Jelang Mudik, Pelindo III Siapkan Fasilitas Terminal Penumpang
Ilustrasi

jpnn.com - SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mulai menyiapkan fasilitas dan sarana prasarana pendukung ke-13 terminal penumpang, yang dioperasikan perseroan. Kepala Humas Pelindo III, Edi Priyanto, mengatakan persiapan itu dilakukan untuk mendukung pelaksanaan angkutan Lebaran 2016.

“Sehingga diharapkan terwujud kelancaran, ketertiban, dan keamanan, selama proses embarkasi dan debarkasi penumpang angkutan laut,” ujar Edi dalam siaran persnya, Kamis (16/6).

Menurut Edi, terminal penumpang kapal laut telah dipersiapkan dengan kondisi aman dan nyaman. Selain itu, juga akan dilakukan pengaturan penumpang, dengan pemisahan jalur embarkasi dan debarkasi penumpang.

“Pelindo III juga telah menyiagakan petugas pelayanan operasional seperti petugas terminal penumpang, petugas pandu, operator radio dan petugas terkait lainnya dalam kondisi siap melayani pelayanan angkutan lebaran,” tutur Edi.

Tak hanya itu, guna memudahkan komunikasi dengan penumpang, Pelindo III juga menyediakan layanan (call centre), sebagai pusat informasi yang berkaitan dengan pelayanan penumpang kapal laut.

Sementara, untuk menjamin keamanan penumpang, termasuk barang bawaannya, akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas pada saat di pintu masuk. "Pemeriksaaan dengan metal detektor dan pada beberapa pelabuhan kelas satu disediakan X-Ray dan Walk Through Metal Detektor (WTMD),” kata Edi.

Pelindo III juga telah memasang puluhan kamera pengintai CCTV pada lokasi indoor ataupun outdoor gedung terminal penumpang, yang digunakan untuk melakukan pemantauan keamanan penumpang. (chi/jpnn)

 

SURABAYA – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mulai menyiapkan fasilitas dan sarana prasarana pendukung ke-13 terminal penumpang, yang dioperasikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News