Jelang Natal dan Tahun Baru, Kemenhub Lakukan Uji Petik

Jelang Natal dan Tahun Baru, Kemenhub Lakukan Uji Petik
Ilustrasi. Foto : dok jpnn
JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melakukan uji petik atau pemeriksaan kapal di Pelabuhan Merak, Banten. Langkah tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan pelayaran selama angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.   

jpnn.com - Direktur Perkapalan dan Kepelautan Hari Setyobudi menjelaskan dalam pemeriksaan tersebut petugas kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Banten melakukan pengecekan terhadap sejumlah kapal dan kelengkapan.

"Termasuk pengecekan perlengkapan keselamatan penumpang, seperti penampung dan sekoci serta sejumlah fasilitas penumpang lainnya," ujar Hari dalam siaran persnya, Sabtu (19/12).

Selain di Pelabuhan Merak, uji petik juga dilakukan di sejumlah pelabuhan lainnya. Seperti Pelabuhan Kupang, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Batam, Pelabuhan Ambon, Pelabuhan Sibolga dan Pelabuhan Bitung.

"Dari hasil pemeriksaan temuan yang kami peroleh hanya bersifat minor dan tidak menyebabkan penundaan pelayaran," papar Hari.

Tak hanya memeriksa kesiapan kapal dan fasilitas pendukung lainnya. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap manajemen perusahaan kapal untuk memastikan keseriusan mereka dalam menangani masalah keselamatan. (chi/jpnn)


JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melakukan uji petik atau pemeriksaan kapal di Pelabuhan Merak, Banten. Langkah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News