Jelang Nataru, KSOP Kepulauan Seribu Tingkatkan Koordinasi

Jelang Nataru, KSOP Kepulauan Seribu Tingkatkan Koordinasi
KMP Kundur resmi beroperasi perdana layani Kepulauan Seribu. Foto Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kepulauan Seribu melaksanakan kegiatan orientasi wilayah kerja (wilker) sebagai bagian dari persiapan angkutan laut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru).

Kepala Kantor KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu, Capt. Herbert Marpaung mengatakan, beberapa fokus dan tujuan dilakukannya kegiatan tersebut antara lain peningkatan pengenalan wilayah kerja, identifikasi titik naik turun penumpang, identifikasi kapal-kapal yang digunakan untuk mengangkut penumpang.

Selanjutnya, Herbert dan jajarannya memantau langsung kondisi keseharian pelaksanaan pelayanan petugas KSOP terhadap masyarakat.

"Berinteraksi dengan masyarakat dan operator kapal tradisional untuk mendapatkan masukan sekaligus sosialisasikan keselamatan berlayar," ujar Capt. Herbert di Jakarta, Minggu (2/12).

Tujuan lainnya memantau kondisi pos pelayanan, mengidentifikasi kebutuhan operasional guna optimalisasi pelayanan, dan melakukan pembinaan terhadap petugas yang ditempatkan di pos-pos Kepulauan Seribu.

"Terakhir tujuan orientasi wilker adalah membangun komunikasi dengan petugas dari instansi lainnya yang terdapat di Kepulauan Seribu," kata dia.

Pelaksanaan kegiatan menggunakan kapal patroli kls III KNP. 355 selama dua hari. Kemarin di Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Panggang, dan Pulau Pramuka.

Kegiatan ini juga sangat berguna untuk mengumpulkan data guna menyusun strategi terbaik dalam optimalisasi pengamanan angkutan Natal dan Tahun Baru di wilayah kerja KSOP Kepulauan Seribu.(chi/jpnn)


Berinteraksi dengan masyarakat dan operator kapal tradisional untuk mendapatkan masukan sekaligus sosialisasikan keselamatan berlayar.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News