Jelang Nataru, Ramp Check Pesawat Dilakukan di 36 Bandara

Jelang Nataru, Ramp Check Pesawat Dilakukan di 36 Bandara
Beberapa pesawat sedang terparkir. Foto Ilustrasi/jpnn.com

jpnn.com, TANGERANG - Ditjen Perhubungan Udara akan mengadakan rampcheck terhadap pesawat di 36 bandara yang diprediksi akan mengalami lonjakan penumpang selama Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Salah satu bandara yang dipantau yakni Bandara Soetta di Tangerang Banten.

“Bapak Menteri melakukan rampcheck terhadap pesawat Lion Air di Apron Terminal 1 dan di Apron Terminal 3 rampcheck terhadap pesawat Garuda Indonesia. Menhub mengecek sayap, body, roda dan cabin pesawat dan juga mengecek ke dalam ruang kemudi pesawat atau cockpit," ujar Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti.

Polana menegaskan seluruh jajaran Ditjen Hubud siap untuk mendukung kelancaran pelaksanaan angkutan udara Nataru.

Beberapa isu startegis seperti keselamatan ataupun keamanan penerbangan, bencana alam dan gangguan cuaca ekstrim, penggunaan narkoba, lonjakan penumpang maupun kapasitas angkutan udara telah diinventarisir dan disiapkan langkah antisipasinya.

Sementara, Budi mengatakan, pada ramp inspection chek list terdapat total 55 items pengecekan yang terdiri dari 25 items persyaratan operasional, 15 items keselamatan dan perlengkapan pada kabin pesawat.

Kemudian, 12 items yang berkaitan dengan kondisi pesawat, tiga items terkait dengan pemeriksaan kargo dan kompartemen kargo, serta tiga items umum, yaitu bila tidak termasuk dalam keempat kategori sebelumnya.

"Dari 450 jumlah pesawat, kira-kira sudah 165 pesawat yang di ramp check dan semuanya tidak ada kesalahan mayor, semua minor. Ini menunjukkan yang baik bahwa sistem perawatan pesawat yang dilakukan airlines ini sangat baik," imbuh Budi.(chi/jpnn)


Dari 450 jumlah pesawat, kira-kira sudah 165 pesawat yang di ramp check dan semuanya tidak ada kesalahan.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News