Jelang Pemilu 2024, Isu Polusi Udara Jadi yang Krusial Bagi Generasi Z

Jelang Pemilu 2024, Isu Polusi Udara Jadi yang Krusial Bagi Generasi Z
Polusi udara. Ilustrasi. Foto dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Memasuki tahun politik 2024, kesadaran akan isu lingkungan khususnya polusi udara menjadi hal yang penting bagi pemangku kebijakan di Indonesia.

Co-Founder Bicara Udara Ratna Kartadjoemena mengatakan peran generasi Z menjadi sangat krusial dalam menentukan pemimpin yang peduli dan mendukung isu-isu lingkungan dalam Pemilu 2024.

“Penting bagi generasi Z untuk memahami dan teredukasi tentang isu-isu politik, terutama polusi udara, agar dapat menjadi agen perubahan dalam menciptakan masa depan yang lebih baik bagi Indonesia,” ucap Ratna dalam keterangannya, Selasa (1/8).

Untuk itu, pada 24-28 Juli 2023, Bicara Udara mengadakan acara "Biru Voices Bootcamp 2023" di Teras Bhumi Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Acara ini merupakan pelatihan untuk anak-anak muda dari berbagai universitas yang bertujuan untuk melatih mereka menjadi duta udara bersih.

“Kami mau membekali anak muda dengan ilmu yang diperlukan untuk mengawal isu polusi udara ini sampai ada solusinya," kata dia.

Ratna bilang, polusi udara yang semakin meningkat harus menjadi perhatian utama dalam upaya meningkatkan kualitas hidup di tanah air.

Dampak polusi udara tidak hanya mengancam kesehatan tetapi juga dapat berdampak kepada perekonomian Indonesia.

Memasuki tahun politik 2024, kesadaran akan isu lingkungan khususnya polusi udara menjadi hal yang penting bagi pemangku kebijakan di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News