Jelang Pesta Kerja Tahun, Arus Lalu Lintas Berastagi-Kabanjahe Padat

Jelang Pesta Kerja Tahun, Arus Lalu Lintas Berastagi-Kabanjahe Padat
Tampak kemacetan di ruas jalan Jamin Ginting Berastagi hingga Jalan Kotacane, Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Kemacetan ini akibat masyarakat Kabupaten Karo, Sumatera Utara, berbondong-bondong pulang ke kampung halamannya untuk merayakan pesta Kerja Tahun. FOTO: Fandi Permana/JPNN.com

jpnn.com - KARO - Menjelang perayaan hari kemerdekaan RI Ke-71 masyarakat Kabupaten Karo, Sumatera Utara, berbondong-bondong pulang ke kampung halamannya untuk merayakan pesta Kerja Tahun.

Sejumlah jalur lalu lintas di Kabupaten Karo pun macet akibat banyaknya Bus Antar Kota Dalam Provinsi yang melintas. Titik kemacetan terjadi di ruas Jalan Jamin Ginting Berastagi hingga Jalan Kotacane Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara.

"Setiap H-2 sampai H-1 17 Agustus jalan ini memang padat oleh pemudik dari Medan dan sekitarnya. Para pemudik yang kebanyakan para perantau ini sering menjadikan jalur via Berastagi hingga Kabanjahe untuk sampai di sejumlah desa di Karo seperti Tigabinanga, Juhar, dan Desa Payung," ujar Rais, warga Kabanjahe yang hendak mudik ke desa Juhar, Selasa (16/8).

Kemacetan di jalan ini didominasi bus lokal yang pergi dari Medan seperti PO. Sebayang, Sumatera Transport, Murni, dan CV Sibayak. Seorang petugas pengatur lalu lintas menjelaskan puncak kemacetan diprediksi akan terjadi H-1 hingga hari H 17 Agustus.

"Hingga H-1 HUT RI, arus lalu lintas di Jalan Lintas Berastagi-Kananjahe terpantau padat. Tapi kepadatan hanya terjadi di beberapa titik seperti Tugu Jagung Berastagi dan simpang dekat Kantor Bupati Karo. Puncak kemacetan diprediksi akan terjadi di Hari H," jelas Tobing, petugas pengatur lalu lintas dari Dishub Kabupaten Karo.

Pesta Kerja Tahun sendiri merupakan perayaan khas adat batak Karo untuk menyemarakkan perayaan 17 Agustus. Perayaan sendiri biasa diisi oleh karnaval dari SD-SMA, berbagai perlombaan, dan Pesta Gendang Aron Aron Nimpa.(mg5/JPNN)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News