Jelang Pilpres 2019, Kapolri Kumpulkan Para Dai Kamtibmas

Jelang Pilpres 2019, Kapolri Kumpulkan Para Dai Kamtibmas
Kapolri Jendral Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Ketua Utama Alkhairaat Habib Saggaf bin Muhammad Aljufri memperingati HAUL Ke- 50 Guru Tua. Foto: WAHONO/RADAR SULTENG/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menghadiri acara Silahturahmi Nasional Dai Kamtibmas yang digelar Polri di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (17/7).

Dalam acara yang dihadiri para pemuka agama dari seluruh Indonesia itu, juga tampak Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Ma'aruf Amin dan Ketua PBNU Said Aqil.

Di hadapan para ulama, Tito mengaku sudah lama ingin menggelar pertemuan ini untuk di tingkat nasional. Karena untuk di daerah sudah terus berjalan.

Selain itu, dia juga sengaja menggelar pertemuan ini menjelang Pilpres 2019 agar ulama bisa bekerja sama dengan Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Pasalnya, Tito menyebutkan, ulama memiliki peran yang sama dengan Polri. Terlebih dalam hal menjaga keamanan.

“Karena warga itu kalau bapak bilang A, mereka A semua. Itu kultur di Indonesia saat ini. Jadi, bapak-bapak memiliki peran penting dalam membangun opini, menjaga keamanan,” kata dia dalam sambutannya.

Apalagi, Indonesia menjadi penduduk terbesar keempat di dunia dan 85 persen di antaranya adalah muslim.

Posisi muslim Indonesia dalam percaturan dunia Islam global sangat strategis.

Ulama bisa bekerja sama dengan Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Pilpres 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News